SURABAYA – Provinsi Jawa Timur secara regional masuk dalam kategori PPKM Level 2, terhitung sejak rilis Kementrian Kesehatan (Kemenkes) dikeluarkan pada tanggal 7 September 2021 lalu. Di pulau Jawa, Kabupaten/Kota yang menembus PPKM Level 1 pertama kali adalah Kabupaten Lamongan.

Kondisi ini membuat Pemeritah Provinsi Jawa Timur semakin memperketat kebijakan bagi pelaku perjalanan internasional. Bukan tanpa alasan, tetapi karena kemunculan varian Covid-19 varian baru yang cepat sekali menular, dikhawatirkan dapat menimbulkan lonjakan kasus yang tinggi secara global.

“Kita harus waspada terhadap varian baru Covid-19, yaitu MU. Kita berharap varian baru ini tidak masuk ke Indonesia. Terapi interaksi antar masyarakat,” kata Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, usai meninjau vaksinasi Covid-19, di Wana Wisata Raden Sekar Park, Desa Kradinan, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, Rabu (8/9/2021).

Untuk mendeteksi urutan kode genetik, metode yang digunakan adalah Genome sequencing melalui Biosafety Level 3 (BSL 3). Metode ini diakui dapat memahami pola distribusi virus sehingga bermanfaat untuk penanggulangan dan pencegahan infeksi.

Khofifah mengatakan, pihaknya telah mengajukan permintaan alat Biosafety Level 3 (BSL3). Hal ini telah disampaikan Gubernur Jatim kepada Presiden Joko Widodo, saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Madiun pada 19 Agustus 2021 lalu. Diakui Khofifah, saat ini BSL 3 yang dimilikinya hanya satu alat saja, yang berada di Institute of Tropical Disease (ITD) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

“Saat ini alatnya baru ada satu, di Institute of Tropical Disease (ITD) unair. Pada 19 Agustus lalu, saya sampaikan kepada Presiden saat beliau melakukan kunker ke pendopo Kabupaten Madiun, bahwa kita butuh tambahan BSL 3,” kata Khofifah.

Menurutnya, untuk bisa memiliki alat itu tidak perlu menunggu ada varian Covid-19 baru. Tapi menurutnya, secara teknologi kedokteran itu merupakan kebutuhan mendesak. Kedepan pihaknya memastikan semuanya akan lebih baik lebih sehat.

Khofifah juga senantiasa mengingatkan agar masyarakat tetap disiplin protokol kesehatan, meskipun Kabupaten Madiun sudah turun menjadi PPKM Level 3, dan termasuk dalam zona orange peta penyebaran kasus Covid-19. Hal ini dikatakan Khofifah, disela meninjau vaksinasi bagi 90 warga Desa Kradinan, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun.