Pekalongan – Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) ll A Pekalongan menemukan narkotika jenis ganja seberat 0,53 ons yang terbungkus plastik hitam di Taman Lapas, Rabu (3/11/2021) pagi.

Kalapas ll A Pekalongan, Agus Haryanto menjelaskan bahwa temuan ganja tersebut berawal saat komandan jaga regu 3, Sukarno Yoga Purnama melakukan kontrol keliling didepan lapas.

“Pada pukul 08.30 WIB pak Yoga tengah melakukan kontrol keliling kedepan. Beliau melihat sebuah kantong plastik yang mencurigakan didepan taman,” katanya.

“Setelah beliau cek, ternyata terindikasi adanya narkoba jenis ganja,” lanjut Kalapas saat ditemui eranasional diruang kerjanya.

Menurut Agus, saat ditemukannya narkoba tersebut, Yoga langsung memanggil bagian pelayanan agar dilakukan dokumentasi berupa foto maupun video yang nantinya akan dijadikan sebagai barang bukti.

“Barang bukti sementara kami simpan. Tadi kita timbang beratnya sekitar 0,53 ons,” ujarnya.

Dengan adanya peristiwa itu, pihaknya kini tengah melakukan penyelidikan melalui kamera pengawas CCTV.

“Kami sedang telusuri dengan memutar rekaman CCTV, baik dari subuh maupun tadi malam sebelum penemuan, supaya kita tahu barang ini milik siapa dan untuk siapa,” tambah kalapas.

Dirinya juga sudah berkoordinasi dengan Satnarkoba Polres Pekalongan Kota.

“Kami serahkan sepenuhnya kasus ini kepada pihak yang berwenang, dalam hal ini Satnarkoba Polres Pekalongan Kota supaya segera ditindaklanjuti,” kata Agus.

Usai terjadinya 2 kali kasus narkoba dalam 1 minggu, kini Lapas Pekalongan ll A meningkatkan kedisiplinan, kewaspadaan dan keamanan untuk warga binaan maupun luar yang hendak masuk kedalam. (em-aha)