Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

JAKARTA – Awalnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tampak ramah meladeni wartawan yang mengerubunginya ketika tiba di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (16/11) siang itu. Sambil menebar senyum orang nomor satu di Pemprov DKI itu menjawab satu-persatu pertanyaan yang dilempar para juru warta. Mulai dari soal UMP dan maraknya kafe yang berjualan di atas saluran air.

Suasana Anies agaknya sedang baik hari ini, semua pertanyaan itu dijawab tanpa buru-buru pergi berjalan meninggalkan media seperti biasanya. Namun, semua itu berubah ketika ada seorang jurnalis yang melempar pertanyaan perkembangan terbaru tentang gelaran Formula E di Jakarta.

Raut wajah dan tanggapan Anies seketika berubah. Dia hanya melemparkan senyum sambil memberikan jempol dan melambaikan tangan. Ketika dicecar lagi terkait mundurnya rencana peninjauan pihak penyelenggara Formula E Operations (FOE), bekas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pun langsung meninggal wartawan dan masuk ke dalam Ruang Pendopo Balai Kota DKI, Jakarta Pusat.

Sebelumnya, PT Jakarta Propertindo (Jakpo) mengakui belum bisa mengumumkan lokasi pasti pagelaran Formula E yang bakal digelar 4 Juni 2022. Mereka berdalih penetapan lokasi ajang balap mobil Formula E akan akan diumumkan pada akhir bulan depan.

“Venue on progress, beberapa alternatif sedang dipelajari FEO dan Insya Allah akan diputuskan paling lambat akhir Desember 2021,” kata Direktur Pengelolaan Aset PT Jakpro sekaligus Managing Director Jakarta Eprix Gunung Kartiko saat dikonfirmasi, Selasa (16/11).

Bila penetapan rute jadi akhir Desember 2021 mendatang. Maka pemutusan lokasi Formula E molor kembali dari rencana awal. Mulanya, tempat lintasan balap mobil listrik itu ditargetkan sudah ditetapkan pada akhir Oktober 2021 lalu. Namun, rencana itu mundur lagi hingga akhir November dengan dalih perwakilan FEO meminta penjadwalan ulang kunjungan ke Jakarta pada pertengahan bulan ini.

Ternyata, jadwal semula itu lagi-lagi mundur hingga akhir tahun 2021 mendatang. Padahal DKI hanya punya waktu kurang 6 bulan untuk mengebut pembangunan sarana dan prasarana pendukung balap. Sebab, FIA World Motor Sport Council sudah memutuskan Jakarta menjadi tuan rumah Formula E pada tanggal 4 Juni 2022.