Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) sekaligus Wakil Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan saat berbincang dengan Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid di Rumah Dinas, Selasa (8/2/2022).

Pekalongan – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) sekaligus Wakil Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan atau yang biasa dipanggil Zulhas mengunjungi Kota Pekalongan dalam rangkaian kegiatan safarinya di berbagai wilayah Jawa Tengah, Selasa (8/2/2022).

Dalam kunjungannya di Kota Pekalongan, ia disambut Walikota HA Afzan Arslan Djunaid, Kapolres Pekalongan Kota AKBP Wahyu Rohadi dan jajarannya di Rumah Dinas Walikota Pekalongan.

Zulhas menceritakan keadaan Kota Pekalongan yang dinilainya semakin bagus dan bersih.

“Tadi subuh saya salat jamaah di Masjid Jami Kauman Pekalongan. Alhamdulillah masjidnya bagus dan bersih. Muadzin maupun imamnya, suaranya merdu. Jamaahnya juga penuh. Terus saya keliling Kota Pekalongan, saya lihat bersih dan kehidupan masyarakatnya juga lebih tentram,” katanya kepada eranasional.

Disinggung mengenai permasalahan tanggul penahan banjir dan rob yang usianya sudah 10 tahun, Zulhas mengatakan supaya Pemkot Pekalongan bisa membuat usulan ke Kementerian PUPR.

“Saya dulu udah pernah kesini waktu menjadi Menteri Kehutanan. Saya pernah tengok tanggul itu. Memang problemnya disini, kondisinya sudah akut. Saya kira, Pemkot bisa buat usulan ke Kemen-PUPR agar pembangunan tanggul itu bisa diselesaikan secara permanen,” kata Zulhas.

Zulhas juga mendoakan, supaya kepemimpinan Walikota dan wakilnya bisa terus membawa dampak positif bagi Kota Pekalongan maupun masyarakatnya, dan mendukung penuh pembangunan infrastruktur penanganan banjir dan rob, salah satunya terkait tanggul.

“Kita doakan, semoga Kota Pekalongan menjadi lebih baik, maju dan religius dibawah kepemimpinan Walikota beserta Wakilnya,” harap Zulhas.

Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid atau yang kerap dipanggil Aaf mengaku bersyukur dan mengapresiasi kunjungan Ketua Umum PAN sekaligus Wakil Ketua MPR RI tersebut.

“Alhamdulillah Kota Pekalongan mendapat kunjungan dari Ketua Umum PAN sekaligus Wakil Ketua MPR RI. Tadi sudah kita sampaikan kondisi Kota Pekalongan, baik potensi daerah dan kebencanaan yang berimbang,” katanya.

“Untuk potensi kita mohon didorong terus seperti ekonomi kreatif, batik, perikanan dan lain-lain. Kalau bencana, ada banjir, rob, pembangunan pasar, sampah yang sudah overload di TPA dan sebagainya. Mengingat APBD kita terbatas, jadi tidak mungkin bisa diselesaikan sendiri di tingkat kota,”papar Aaf.

“Untuk itu, kami memohon melalui pak Wakil Ketua MPR RI agar bisa dibantu ke Pemerintah Pusat,” lanjutnya.

Berkenaan dengan penanganan banjir dan rob, Aaf mengatakan bahwa saat ini paket pekerjaan normalisasi sungai Banger dan Kupang masih terus berjalan.

“Pembangunan normalisasi sungai Banger dan Kupang ini masih berjalan, tinggal ke depannya sungai Bremi dan Meduri kita dorong juga untuk bisa dikerjakan, karena kondisi sekarang warga yang tinggal di bantaran sungai tersebut masih terdampak banjir. Kita dorong supaya mendapatkan anggaran untuk normalisasi dua sungai itu,” pungkasnya. (em-aha)