Petugas nakes saat memberikan pelayanan vaksin booster kepada masyarakat di Pospam Exit Tol Setono.

Pekalongan – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekalongan menyiagakan sejumlah tenaga kesehatan (nakes) dan fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) bagi para pemudik di beberapa pos pengamanan (Pospam).

Slamet Budiyanto, Kepala Dinkes Kota Pekalongan mengatakan penempatan fasilitas layanan kesehatan terintegrasi dengan pos-pos mudik yang ada di Pospam THR, Pospam Exit Tol Setono, Pospam Matahari, dan Pospam Terminal Pekalongan.

Dan untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19, pihaknya juga melayani vaksinasi booster di pos-pos yang sudah disediakan tersebut.

“Kami diminta untuk melaksanakan layanan vaksinasi booster bagi para pemudik dan tes kesehatan untuk menunjukkan bahwa para calon pemudik ini dalam kondisi sehat atau tidak,” katanya, Jumat (29/4/2022).

Bahkan, kata Budiyanto, jika para pemudik membutuhkan vaksin booster sebagai syarat perjalanannya maka pihaknya siap melayaninya. Dan apabila sudah divaksin, dirinya berharap pemudik tetap patuh protokol kesehatan.

“Kami meminta kepada masyarakat khususnya pemudik yang belum vaksin bisa segera vaksin dan selalu mematuhi protokol kesehatan secara ketat,” tuturnya.

Budi menambhakan, untuk pelayanan vaksinasi kepada para calon pemudik dipusatkan di Pospam Exit Tol Setono.

Selain menyiagakan personel tenaga kesehatan di pospam, Dinkes juga menyiapkan beberapa puskesmas, rumah sakit, dan armada PSC 119 beserta tenaga medis yang siap siaga 24 jam, termasuk rumah sakit rujukan Covid-19, salah satunya di RSUD Bendan.

“Sektor kesehatan ini menjadi salah satu layanan publik dasar ke masyarakat yang sangat urgent, sehingga tidak boleh libur memberikan pelayanan. Kami menghimbau, untuk seluruh fasyankes bisa membuka pelayanan meskipun dengan terbatas dan sistem shif (bergantian),” pungkasnya. (*)