Suasana Taman Wisata Laut (TWL) Pantai Pasir Kencana Kota Pekalongan

Kota Pekalongan – Tercatat, sebanyak 42 ribu wisatawan dari berbagai daerah mengunjungi Taman Wisata Laut (TWL) Pantai Pasir Kencana Kota Pekalongan selama libur lebaran tahun 2022.

“Selama Pekan Syawalan pada tanggal 4 Mei hingga 8 Mei 2022 rata-rata setiap harinya TWL kedatangan di atas 6 ribu pengunjung,” terang Kepala UPTD TWL Pantai Pasir Kencana, Mustofa saat dikonfirmasi melalui telepon, Rabu (11/5/2022).

“Puncaknya yakni saat syawalan atau 7 hari usai lebaran pada Senin (9/5/2022) total pengunjung mencapai 10 ribu orang,” imbuhnya.

Menurut Mustofa, pengunjung yang datang ke TWL selama libur lebaran itu memang sudah banyak yang dari luar kota, namun masih lingkup Jawa Tengah.

“Kalau dari pantauan kami dari luar kota itu ada yang dari Pemalang, Kajen, dan sebagainya,” kata Mustofa.

Mustofa mengungkapkan, selama libur lebaran itu tarif tiket masuk yang diterapkan sudah sesuai tarif peraturan wali kota atau perwal yakni sebesar Rp25 ribu lengkap dengan asuransi.

“Di luar Syawalan, pada libur akhir tahun dan tahun baru tarif juga Rp25 ribu. Untuk weekend yakni Jumat, Sabtu, dan Minggu atau libur nasional Rp20 ribu. Untuk hari biasa seperti hari ini Rp15 ribu,” terang Mustofa.

Namun hal itu ternyata tidak menyurutkan antusiasme masyarakat untuk berwisata dan menikmati suasana pantai di TWL Pasir Kencana Kota Pekalongan.

Mustofa menambahkan, bahwa dalam waktu dekat penghijauan dengan penanaman pohon akan dilakukan sambil menata dan menambah wahana secara berkala.

“Untuk menara batik di TWL sekarang sudah mulai dibuka tapi yang masuk harus bergantian maksimal 10 orang,” tandas Mustofa. (*)