Walikota Aaf saat menyalakan obor Special Olympic Indonesia (SOIna) jelang perhelatan Pekan Special Olympics Nasional (PeSOnas) Jateng 2022 di Halaman Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan, Jumat (10/6/2022).

Pekalongan – Walikota Pekalongan, Afzan Arslan Djunaid atau yang kerap disapa Aaf mengaku senang dapat menerima obor Special Olympic Indonesia (SOIna) jelang perhelatan Pekan Special Olympics Nasional (PeSOnas) Jateng 2022.

“Alhamdulillah obor sudah sampai di Kota Pekalongan dari Kabupaten Pekalongan. Ini akan dilanjutkan perjalanan ke Kabupaten Batang dan nantinya finish di Kota Semarang,” kata Aaf usai menerima obor di Halaman Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan, Jumat (10/6/2022).

Menurut Aaf, dengan adanya PeSOnas itu akan menjadi penyemangat bagi anak-anak berkebutuhan khusus, dan Pemerintah Kota Pekalongan akan terus mendukung kegiatan positif tersebut.

“Mudah-mudahan ini menjadi motivasi mereka untuk berprestasi karena sebetulnya para atlet-atlet disabilitas Kota Pekalongan ini sudah banyak yang menorehkan prestasi seperti saat PON Paralimpic lalu,” jelas Aaf.

Aaf melihat antusiasme orang-orang yang berkumpul di Kecamatan Pekalongan Barat pagi ini. Ia berharap, ini akan menjadi keberkahan untuk semuanya.

“Terkait bonus untuk para atlet berprestasi dari Pemkot akan menganggarkan, kemaren di PON Paralimpic dapat medali dan bonus sudah diberikan, untuk selanjutnya termasuk Seagames akan diangggarkan menunggu nota dinas dari Dinparbudpora,” terang Aaf.

Sementara itu, Ketua Pengcab SOIna Kota Pekalongan, Nur Indah Setyaningrum menerangkan bahwa untuk calon atlet di Kota Pekalongan masih dilakukan pembinaan-pembinaan, ada atletik, renang, dan olahraga lainnya yang tengah disiapkan.

“Karena kepengurusan kami masih baru, kami dikukuhkan pada Desember 2021. Kami akan persiapkan para atlet dengan maksimal,” kata Indah.

Indah mengatakan, kegiatan hari ini hanya seremonial serah terima obor kemudian penampilan dari anak berkebutuhan khusus.

“Yang diberangkatkan hari ini hanya estafet obor, belum sampai ke perlombaan. Untuk perlombaan akan digelar di Semarang dan kami masih melakukan banyak persiapan,” pungkasnya. (*)