Sejumlah warga lakukan Aksi Protes diBalai Desa Banjaranyar. Foto(Olam)

BREBES, eranasional.com- Tak ada karnaval HUT RI, Puluhan warga di Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes Jawa Tengah menggeruduk Balai Desa Banjaranyar untuk menyampaikan keluhan dan aspirasinya kepada Pemerintah Desa setempat. Jumat, (19/8/2022).

Aksi geruduk Balai Desa Banjaranyar dilakukan oleh puluhan warga bersama kaum ibu-ibu. Hal tersebut dilakukan warga lantaran tak diadakannya karnaval desa pada umumnya, warga menginginkan kegiatan karnaval sebagai wujud perayaan kemerdekaan HUT RI yang ke-77.

Warga menilai, hingga pertengahan bulan agustus tak kunjung ada kegiatan karnaval desa layaknya di desa lain.

Perwakilan warga, Kismanto Hadi Pranoto mengatakan, aksi warga ini menuntut agar diadakannya karnaval seperti di desa-desa yang lain.

“Warga menuntut ke Pemerintah Desa agar Desa Banjaranyar tetap diadakan karnaval, Alhamdulillah hasil tuntutan warga bahwa Pemdes akan mengakomodir tuntutan warga dan akan mengadakan karnaval desa”. ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Banjaranyar Saripin mengatakan, kita berusaha mengcover semua kegiatan, pekan lalu Pemdes beserta LPM sudah mengadakan rapat dan hasilnya karnaval desa ditiadakan karena saat itu terbentur aturan.

“Sisi lain medan yang akan dilalui banyak material, karena kebetulan Desa Banjaranyar tahun ini mendapat 52 unit bantuan bedah rumah,”. jelasnya.

Lebih lanjut, Saripin mengungkapkan alasan tidak diadakannya karnaval lantaran adanya penyempitan jalan yang digunakan untuk material bedah rumah.

“Dengan adanya aspirasi yang disampaikan warga, maka kami dari Pemdes akan mengadakan karnaval desa sesuai tuntutan warga, nanti dalam waktu dekat akan diadakan rapat kegiatan karnaval, ”. pungkas Saripin.

Tuntutan warga akhirnya disetujui Pemdes setempat, warga ingin merayakan kemerdekaan berupa karnaval desa seperti di daerah lain yang sudah dirayakan.

Aksi puluhan warga geruduk Balai Desa Banjaranyar berjalan kondusif dengan dikawal Babinsa setempat. ( Olam )