Ilustrasi (Foto: Net)

JAKARTA, Eranasional.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengimbau kepada masyarakat terhadap potensi cuaca ekstrem periode Natal dan tahun baru, yakni dari tanggal 25 Desember 2022 sampai dengan 1 Januari 2023. Sejumlah wilayah di DKI Jakarta berpotensi mengalami curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Melalui Instagram m@bpbddkijakarta, BPBD DKI mengatakan, berdasarkan analisis menunjukkan bahwa dalam periode sepekan ke depan terdapat potensi signifikan dinamika atmosfer yang dapat berdampak pada peningkatan curah hujan di sejumlah wilayah Indonesia, khususnya selama periode Natal 2022 dan tahun baru 2023.

Selama periode tersebut, BMKG memperkirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang di Jakarta. Masyarakat diimbay untuk selalu waspada dan siaga menghadapi cuaca ekstrem.

“Potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang untuk periode 25 Desember 2022-1 Januari 2023 di wilayah DKI Jakarta,” tulis BPBD DKI Jakarta di akun Instagram miliknya.

Masyarakat pun diminta untuk memantau informasi banjir terkni melalui situs http://pantaubanjir.jakarta.go.id/peta-banjir-berbasiskan-rt. Dan, bila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera menghubungi call center Jakarta Siaga 112.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, meminta jajaran Pemprov DKI Jakarta menyiapkan berbagai langkah menghadapi kondisi cuaca ekstrem. Salah satunya mengintruksikan kepada Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta melakukan pengerukan saluran air secara intens.

“Saya minta SDA segera, setiap hari mengeruk saluran-saluran yang memang berpotensi mengurangi banjir,” kata Heru Budi di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (18/12) lalu.

Selain itu, dia juga meminta BPBD DKI menyiapkan langkah antisipasi, khususnya dalam menghadapi potensi bencana akibat cuaca ekstrem.

“Berikutnya, BPBD harus mempersiapkan semuanya. Semoga bisa kita lewati dengan baik,” ucapnya.

Tak lupa dia mengimbau kepada masyarakat agar membatasi aktivitas di luar rumah apabila terjadi cuaca ekstrem.

“Musim hujan semakin mendekati puncaknya. Saya mengimbau kepada warga Jakarta untuk lebih waspada dan batasi kegiatan di luar rumah jika cuaca menjadi ekstrem,” tuturnya.

Dia memastikan, Pemprov DKI akan terus bekerja mengantisipasi potensi banjir dan bencana hidrometeorologi lainnya.