Ilustrasi delman di kawasan Monas, Jakarta Pusat. (Foto: Net)

JAKARTA, Eranasional.com – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono hanya mengizinkan delman beroperasi di sekitar Kawasan Monas, hari Sabtu dan Minggu saja. Heru mengingatkan agar kebersihan dijaga.

“Saya mengimbau masing-masing delman menjaga kebersihan Monas,” kata Heru Budi.

Dia mengaku menerima banyak pengaduan soal bau tak sedap kotoran kuda. Di sisi lain, pihaknya tak bisa semena-mena melarang delman beroperasi di sekitar Monas setiap hari.

“Hal itu menjadi perhatian kami, tapi kami tidak bisa melarang total,” ujarnya.

Heru mengatakan, Pemprov DKI tidak pernah melarang delman beroperasi di sekitar Monas. Kata dia, Pemprov DKI hanya melakukan pengaturan agar keselamatan dan kesehatan dapat terpenuhi.

“Saya tidak melarang itu, tetapi kita bersama-sama menjaga. Ada juga beberapa hal yang harus kita perhatikan, yaitu kesehatan dan keselamatan,” ucap Heru.

Nantinya, lanjut Heru, Pemkot Jakarta Pusat bersama Satpol PP dapat melakukan pengaturan agar delman bisa beroperasi di hari Sabtu dan Minggu. bahkan, tidak hanya di sekitar Monas saja, tapi bisa dari Balai Kota DKI, melintas di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), dan keliling di wilayah lainnya.

“Dari Balai Kota Gambir masuk ke arah depan Mabesad, keliling, terus ketemu jejeran Jalan Medan Merdeka Barat, terus balik lagi. Kira-kira seperti itu,” terangnya.