Makam atau kuburan palsu yang dijadikan tempat aliran sesat di Tangerang melakukan ritual. (Foto: ANTARA)

TANGERANG, Eranasional.com – Muncul praktik dugaan aliran sesat di Desa Cibugel, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang, Banten. Di lokasi tersebut ditemukan makam replika atau buatan.

Camat Cisoka Encep Sahayat mengaku sudah mendatangi makam tempat ritual aliran sesat tersebut.

“Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) sudah melihat secara langsung tempat ritual sepeti apa bentuknya, dan betul di situ ada makam yang dijadikan tempat ritual,” kata Encep saat dikonfirmasi, Jumat (17/2/2023).

Dia menyebutkan, kelompok aliran sesat itu dipimpin oleh seorang pria bernama Aliyudin.

Aliran sesat itu terungkap ke publik setelah beredarnya cuplikan video di media sosial yang menayangkan praktik ritual keagamaan yang dilakukan sekelompok orang.

Dari hasil penelusuran, di lokasi tempat pemimpin aliran itu ditemukan sebuah ruangan yang berisikan makam di dalamnya. Namun, setelah dicek, dipastikan makam palsu alias buatan Aliyudin.

“Dipastikan itu bukan makam sungguhan. Karena itu buatan sendiri dari Aliyudin. Begitu terungkap, makan itu dibongkar,” ujarnya.

Forkopimcam Cisoka lalu berkoordinasi dengan beberapa tokoh agama dan meminta praktik tersebut dihentikan.

“Yang bersangkutan (Aliyudin) menyadari apa yang dilakukannya itu tidak sesuai dengan kaidah Islam sebagai mana seharusnya dilakukan itu. Setelah mendengarkan beberapa pendapat dia bersedia untuk menghentikan kegiatan ritual tersebut,” jelasnya.