Aparatur sipil negara (ASN) sedang mengikuti apel pagi di halaman Setda, Kota Pekalongan.

PEKALONGAN, Eranasional.com – Sebagai abdi negara dan tidak lepas dari sorotan publik, Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan meminta kepada aparatur sipil negara (ASN) untuk tetap menjaga netralitas terutama pada tahun politik dan pelaksanaan Pemilu 2024.

Kasi Ideologi, Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa Kesbangpol Kota Pekalongan, Ainur Rofiq menjelaskan bahwa, ASN harus bebas dari segala bentuk pengaruh mana pun dan tidak memihak pada kepentingan siapa pun, termasuk dalam pemilu.

“ASN memang memiliki hak pilih, namun tetap harus mengikuti peraturan untuk netral. Berbeda dari TNI dan Polri yang juga harus netral, tetapi tidak memiliki hak pilih,” katanya, Jumat (24/2/2023).

Netralitas ASN menjelang pemilu 2024 harus sangat diperhatikan. Pasalnya, sudah ada aturan yang mengatur mengenai hal tersebut dengan konsekuensi yang sesuai apabila aturan tersebut dilanggar. Selain menjaga netralitas, ASN diminta tetap fokus dalam pelayanan publik sebagai tugas utamanya.

“Jangan sampai ASN terbawa dalam berbagai kepentingan tertentu karena dalam pelayanan publiknya bisa terganggu. Sehingga, kami menghimbau agar ASN harus bersikap netral, profesional, dan tetap mengutamakan kepentingan publik,” pungkasnya. (*)