Suasana Kemacetan di Kawasan Puncak Bogor. (Foto:Net)

BOGOR, Eranasional.com – Wisatawan yang akan berkunjung ke kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, meningkat menjelang Ramadan, Sabtu (11/3/2023).Menjelang Ramadan, animo wisata warga Jakarta ke Bogor meningkat. Kunjungan wisata mengalami peningkatan hingga 10 persen dari hari libur akhir pekan biasanya.

Kondisi ini menyebabkan antrean kendaraan di tol Jagorawi menuju Puncak hingga lebih dari 3,5 kilometer. Petugas pun memberlakukan kebijakan contraflow yaitu dari tol Jagorawi menuju tol Bocimi.

Kemacetan panjang ribuan kendaraan yang mengarah ke kawasan Puncak, Bogor ini mulai terlihat sejak pagi hari. Seperti yang terpantau di jembatan tol Ciawi, ribuan kendaraan tampak antre tersendat menuju jalur Gadog. Kemacetan terjadi dari pintu tol Ciawi Km 45 hingga kawasan Simpang Gadog Km 48.300.

Guna mengantisipasi kemacetan semakin panjang, petugas pun memberlakukan kebijakan sistem contraflow, yaitu dari ruas Tol Jagorawi menuju Tol Bocimi.

Kebijakan ini dilakukan guna memberi akses jalan kendaraan yang akan melintasi tol Bocimi sehingga tidak terhambat oleh kendaraan yang akan menuju Puncak.

Sementara itu, di kawasan Puncak petugas Satlantas Polres Bogor memberlakukan kebijakan sistem satu arah menuju puncak mulai pukul 09.00 tadi.

Kepala Urmintu Satlantas Polres Bogor, Ipda Yudhi Perkasa mengungkapkan arus wisata di kawasan Puncak menjelang Ramadan ini mengalami peningkatan hingga 10 persen dari libur akhir pekan biasanya.

Menurutnya sejak semalam hingga pagi ini sudah sekitar 28.000 kendaraan roda empat yang menuju kawasan Puncak. Peningkatan ini diperkirakan karena menjelang Ramadan warga ingin berwisata sebelum melewati puasa.

“Betul, kendaraan menuju Puncak pagi ini tampak lebih ramai dari biasanya. Sejak semalam sudah 28.000 kendaraan wisata mengarah ke Puncak,” ungkap Yudhi.

Guna mengantisipasi kemacetan panjang, petugas akan terus memberlakukan kebijakan sistem satu arah guna mengurai arus dari Jabotabek menuju Puncak.

Sementara pada siang hari, kendaraan akan diberlakukan kebijakan sistem satu arah secara sebaliknya, yaitu dari Puncak kembali menuju Jakarta. **