Bakal capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, Eranasional.com – Lembaga Arus Survei Indonesia (ASI) memaparkan hasil survei tentang evaluasi kinerja dan peta elektoral Pilkada DKI Jakarta 2024. Hasilnya, pada peta elektoral Pilkada DKI Jakarta 2024, Anies Baswedan berada di posisi pertama, diikuti Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono. Sedangkan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) berada nomor tiga.

Survei dilaksanakan pada tanggal 11-18 Mei 2023 di Provinsi DKI Jakarta. Survei dilakukan melalui wawancara tatap muka.

Metode penarikan sampel Multistage Random Sampling. Jumlah respondennya terdapat 400 responden dengan margin of error sekitar 4.9% pada tingkat kepercayaan 95%.

“Yang terlintas di benak warga DKI Jakarta yang pertama adalah Anies Baswedan, kedua adalah Heru Budi Hartono, dan ketiga adalah Ahok, disusul Sandiaga Uno, lalu Ridwan Ridwan Kamil,” kata Ali dari ASI dalam paparannya di kawasan Mampang, Jakarta Pusat, Rabu (31/5/2023).

“Jadi inilah nama-nama yang terlintas dibenak warga DKI di pertanyaan terbuka ketika ditanya jika pemilihan calon gubernur DKI Jakarta dilakukan saat ini,” sambungnya.

Berdasarkan urutannya, top of mind dalam pertanyaan terbuka tersebut, Anies berada di posisi pertama dengan perolehan suara 11,5%. Di posisi kedua, Heru Budi Hartono memperoleh dukungan suara 9,3%, ketiga Ahok 7,8%.

Berikutnya, ada nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dengan hasil survei 4,0%, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 3,5%. Selanjutnya, politisi Partai Nasdem, Ahmad Sahroni, dengan Raihan dukungan suara 2,8%.

Sementara, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, 2,8%, Agus Harimurti Yudhono (AHY) 1,5%, Menteri BUMN Erick Thohir 1,5%, dan Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Kata Ali, hasil survei masih mungkin berubah, terlebih apabila Anies Baswedan dihilangkan karena yang bersangkutan mengikuti kontestasi Pilpres 2024 sebagai capres.