Rumah DP 0 persen Pondok Kelapa, Jakarta Timur. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, Eranasional.com – Viral sebuah video durasi 1 menit 6 detik di media sosial yang merinci biaya sewa hunian sebesar Rp1 juta per bulan dan bebas Iuran Pengelolaan Lingkungan (IPL). Yang membuat heboh, hunian yang disewakan itu adalah rumah program DP 0 persen.

Tampak dalam tayangan video tersebut bertuliskan ‘Program DP Nol Rupiah Fasilitas Pemilikan Rumah Sejahtera Pemerintah Provinsi DKI Jakarta’ yang tertempel di pintu masuk hunian itu.

Di dalam video tersebut, ditampikan suasana juga fasilitas yang didapatkan, seperti kamar mandi di dalam, dapur, balkon, satu kamar tidur.

Hunian yang dipromosikan itu disebut sebagai kos-kosan. Disewakan lengkap dengan perabotan rumah tangga di antaranya tempat tidur, kulkas, dan kitchen set. Namun, saat ini video tersebut telah dihapus.

“Kalian yang lagi cari kosan, yang nyaman dan harganya murah sini aku kasih tahu rekomendasi kosan murah di Jakarta Timur. Kamar mandinya di dalam, ada kulkas dan juga kitchen set-nya dipakai kompor tanam dan pastinya kalau ngekos di sini enggak perlu jajan keluar karena bisa masak di rumah,” bunyi narasi promosi dalam video tersebut.

“Dengan fasilitas sebagus ini, sewa atau ngekos di apartemen ini cuma Rp 1 juta free IPL,” tulisnya lagi.