Ilustrasi kemacetan di DKI Jakarta. (Foto: Ist)

JAKARTA, Eranasional.com – Beberapa warga di Jakarta mengeluhkan kemacetan di sejumlah ruas jalan. Ironisnya, ruas Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, tepatnya di depan Polda Metro Jaya juga tak luput dari kemacetan.

Selasa (18/7) pagi, tampak antrean kendaraan menumpuk di ruas Jalan Gatot Subroto, sekitar Polda Metro Jaya. Kendaraan roda empat hanya mampu melaju sedikit demi sedikit, sementara kendaraan roda dua memilih melalui bahu jalan yang seharusnya untuk pejalan kaki.

Kondisi semakin tidak mengenakan dengan suara bising klakson kendaraan yang saling bersahutan.

Kemacetan diperparah dengan adanya bottleneck. Kendaraan keluar dari jalan Tol ke Jalan Gatot Subroto saling menyilang dengan kendaraan yang datang dari arah Cawang.

Kemacetan juga terjadi karena banyaknya kendaraan dari kawasan SCBD yang menuju Jalan Gatot Subroto.

Dodi (38), pengendara kendaraan roda dua mengatakan kemacetan tidak hanya terjadi di Jalan Gatot Subroto saja, tapi hampir di seluruh wilayah Jakarta seperti Jalan MT Haryono dekat Patuh Pancoran.

“Macet di Jakarta enggak ada habisnya. Di mana-mana macet,” ucap Dodi.

Bahkan, lanjut Dodi, kemacetan di Jakarta membuat dirinya kerap telat tiba di kantor. Dia mengatakan dirinya bekerja di wilayah Palmerah, Jakarta Barat. “Kemacetan terparah saat jam kerja dan pulang kerja,” ujarnya.

Hal yang sama diucapkan Oci, yang bekerja di kawasan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat. Dia harus menyiapkan waktu 1,5 jam perjalanan jika tidak ingin telat masuk kerja.

“Saya harus jalan lebih awal supaya enggak telat masuk kerja. Rumah saya di Depok, kerja di Sudirman, tapi tetap saja terkadang telah juga,” tuturnya.

Oci pun mengaku jenuh menghadapi kemacetan di Jakarta. Sebagai masyarakat dia meminta ada langkah konkret penyelesaian macet di Ibu Kota yang dinilainya sudah sangat parah.

“Semoga ada solusinya, setidaknya mengurangi kemacetan,” kata Oci.