1.500 personel gabungan amankan perhelatan Muktamar Sufi Internasional di Kota Pekalongan. (Foto: Ist/Pemkot Pekalongan)

KOTA PEKALONGAN, Eranasional.com – Jajaran Polres Pekalongan Kota menyelenggarakan kegiatan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Pengamanan Rangkaian Kegiatan Muktamar Sufi di Kota Pekalongan, di Lapangan Mataram Kota Pekalongan, Jumat (25/8/2023). Sedikitnya 1.500 personel gabungan yang disiagakan untuk pengamanan perhelatan kegiatan berskala internasional tersebut.

Untuk diketahui, Kota Pekalongan ditunjuk menjadi tuan rumah gelaran Muktamar Sufi Internasional 2023 selama empat hari mulai tanggal 28-31 Agustus 2023.

Multaqo Sufi Al Alamy tahun 2023 ini merupakan penyelenggaraan yang ke dua kalinya. Pertama kali Multaqo Sufi Al Alamy atau Muktamar Sufi digelar pada tahun 2019 silam. Salah satu hasilnya adalah menetapkan Habib Luthfi bin Yahya sebagai Ketua Forum Sufi Dunia, atau yang kini berubah nama menjadi Majelis Sufi Dunia atau World Sufi Assembly.

Kegiatan ini dijadwalkan dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan dihadiri oleh para ulama Sufi dari 60 negara serta 1000 orang ulama nasional.

Kapolres Pekalongan Kota AKBP A Recky Robertho mengatakan bahwa apel gelar pasukan ini dilaksanakan untuk memastikan kesiapan pengamanan dalam rangka rangkaian kegiatan Muktamar Sufi Internasional di Kota Pekalongan bisa berjalan dengan aman, baik, dan kondusif.

Menurutnya, pengamanan ini turut melibatkan jajaran TNI, Polri, jajaran Pemkot Pekalongan seperti Dinas Kesehatan (Dinkes), Satpol PP, Damkar, PMI, Brimob Batalyon B Pelopor, jajaran kepolisian  eks wilayah Pekalongan, hingga organisasi masyarakat.

“Kami juga meminta bantuan personel dari eks wilayah jajaran Pekalongan maupun Polda Jawa Tengah. Total personel yang dikerahkan ada sekitar 1.500 orang karena rangkaian kegiatan Muktamar Sufi Internasional ini ada di beberapa titik lokasi mulai tanggal 28-31 Agustus 2023,” terang AKBP Recky.