Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi meninjau lokasi pembangunan Patung Jenderal Hoegeng di Stadion di Stadion Hoegeng, Kota Pekalongan, Senin (28/8/2023). (Foto: Ist/Diskominfo Kota Pekalongan)

KOTA PEKALONGAN, Eranasional.com – Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi menyambangi Kota Pekalongan untuk meninjau persiapan pembangunan patung Jenderal Hoegeng di Kota Pekalongan, Senin (28/8/2023).

Di kesempatan itu, Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid mendampingi  Kapolda Jateng.

Aaf, sapaan akrab Achmad Afzan, mengungkapkan bahwa Kapolda Jateng mengecek lokasi yang akan dibangun patung Hoegeng. Sebelumnya sudah dilakukan pemaparan di Polres Pekalongan Kota.

“Nanti ketika pembangunan akan dikawal oleh keluarga Jenderal Hoegeng agar karakter patung sesuai, agar benar-benar mirip karakter Jenderal Hoegeng” kata Aaf.

Menurut Aaf, di Kota lain ada patung Hoegeng, namun dinilai tidak terlalu mirip. Dia berharap pembangunan di Kota Pekalongan berjalan lancar dan mirip. 

Diharapan juga, lanjut Aaf, patung Hoegeng ini nantinya akan menjadi ikon di Kota Pekalongan.

Diceritakan Aaf, menurut Kapolda Jateng bahwa belum banyak masyarakat yang tahu bahwa Jenderal Hoegeng lahir, sekolah, dan memulai kariernya di Kota Pekalongan.

“Yang membuat saya kaget, Pak Kapolda mengatakan bahkan di kalangan Polri juga belum banyak yang tahu tentang sosok Jenderal Hoegeng ini,” ungkapnya. 

Dengan menjadi ikon nantinya diharapkan masyarakat dapat meneladani sikap dari sosok Jenderal Hoegeng yang menjadi kebanggaan Kota Pekalongan. (emaha/*)