JAKARTA, Eranasional.com – Perilaku tak baik ditunjukkan oleh seorang caleg atau tim suksesnya. Caleg tersebut menempelkan stiker bergambar dirinya di bangku penumpang bus TransJakarta.

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan dan Humas TransJakarta, Apriastini Bakti Bugiansri mengatakan Pihakny baru menemukan tempelan stiker caleg di satu bus.

“Baru terdeteksi satu bus,” kata Apriastini, Kamis, 7 Desember 2023.

Namun, dia tidak menyebutkan koridor bus TransJakarta yang menjadi sasaran vandalisme tersebut.

Apriastini memastikan pihak TransJakarta telah menindaklanjuti soal penempelan stiker caleg tersebut. “Sudah ditindaklanjuti. Ada regulasi dari pemerintah, dan kami akan menerapkan sesuai dengan Undang-Undang dan aturan dari Bawaslu,” ujar Apriastini.

Selain itu, lanjut Apriastini, TransJakarta juga memiliki regulasi tersendiri untuk diterapkan kepada pelanggan yang melakukan pelanggaran.

Penempelan stiker caleg menjadi perbincangan netizen di media sosial X (Twitter). Melalui akunnya, Rafendra Aditya (30) mengatakan stiker caleg tersebut ditempel di sandaran bangku penumpang. Dia melihat hal itu ketika menumpang bus TransJakarta koridor 6A dari Bundaran Hotel Indonesia (HI) pada 16 November 2023.

“Stiker tertempel di belakang sandaran kursi, kursi bus yang menghadap depan, bukan menyamping,” kata Rafendra.

Dia pun mencopot stiker caleg tersebut karena mengetahui pemasangan atribut politik dalam transportasi merupakan pelanggaran.

“Sempat ragu untuk mencopot stiker itu, kalau nanti hasilnya enggak mulus alias robek-robek, maka akan terlihat jelek. Tetapi saya memutuskan tetap melakukannya, setidaknya saya berusaha dengan kapasitas yang saya miliki untuk memutus pelanggaran itu,” ucap Rafendra.

Video pencopotan stiker caleg di bus TransJakarta didokumentasikan Rafendra dan unggah ke media sosial X, Senin, 4 Desember 2023.

“Halo @PT_Transjakarta, saya bantu melepas stiker kampanye caleg di bus kalian. Sebelumnya sudah ada yang komplen, entah ini bus yang sama atau beda. Kalau bisa cari pelakunya di CCTV!” tulis Rafendra di @rafenditya. (*)