Jakarta, ERANASIONAL.COM – Sepanjang tahun 2024, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI berencana akan menggelar Pasar Sembako Murah di 44 kecamatan di Jakarta.

Kepala Dinas KPKP DKI Suharini Eliawati mengatakan program ini dilaksanakan dalam rangka menstabilkan harga pangan di awal tahun.

“Ini merupakan salah satu upaya dari Pemprov DKI Jakarta menstabilkan harga pangan,” kata Suharin, Jumat, 20 Januari 2024.

Dia mengklaim, pasar murah ini merupakan tindak lanjut dari arahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) agar Pemprov DKI Jakarta dapat mengendalikan inflasi.

Dia menyebutkan, pasar sembako murah ini sebelumnya sudah digelar di area Kelurahan Dures Sawit, Jakarta Timur dan Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara.

Pasar murah ini menyediakan paket sembako berisi 5 Kg beras, 1 liter minyak goreng, 1 liter gula pasir, dan 2 Kg terigu yang dibanderol seharga Rp100.000.

Dijelaskan Suharin, masyarakat juga dapat membeli sembako secara eceran, dan harga satuannya tetap lebih murah dibandingkan dengan pasar dan warung.

“Harga eceran beras 4 Kg Rp50.000, kemudian gula pasir, minyak goreng 2 liter harganya Rp 25.000,” terangnya.

Suharin mengungkapkan, pasar sembako murah ini digelar Pemprov DKI bekerja sama dengan BUMD PT Food Station Tjipinang. (*)