Muara Bungo, ERANASIONAL.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bungo, Jambi, Rabu 3 April 2024.

Malam jelang kedatangan Jokowi, beberapa spanduk berisikan protes mewarnai sepanjang jalan menuju bandara.

Dari pantauan di lapangan, Selasa 2 April 2024 malam, salah satu spanduk terpasang di tanjakan jalan Sungai Buluh arah Bandara Muara Bungo dan di simpang tiga arah Kantor Pengadilan Negeri (PN) Bungo.

“Selamat Datang Presiden RI di Kerajaan Tambang Batu Bara Ilegal dan Mafia Tanah Pak Wo Syamsudin Ibrahim dan KBPC Group yang Merugikan Negara Sebanyak Rp 828 Miliar, Mematikan Kami Perlahan,” bunyi salah satu spanduk.

Di tempat terpisah, spanduk bertuliskan “Presiden Jokowi Tolong Kami Keadilan dan Hukum Tidak Berjalan di Bumi Muara Bungo Ini” membentang di pinggir jalan arah menuju PN Bungo.

Dalam sebuah pesan singkat yg beredar, disebutkan dari pihak PT KBPC diduga langsung menurunkan spanduk-spanduk tersebut bersama aparat setempat.

Spanduk protes tambang bertebaran di Kabupaten Bungo, Jambi. (Foto: Ist)

“Pihak KBPC Group diduga memfasilitasi & mengucurkan dana untuk mensuport Tim lakukan Sweeping,” tulis pesan tersebut, dikutip, Rabu 3 April 2024.

Humas Aliansi Gerakan Peduli Rakyat Maju (AGPRM) Bungo, Bintang membenarkan permasalahan yang tertulis di spanduk tersebut.