Pekalongan, ERANASIONAL.COM – Sebanyak 35 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekalongan terpilih untuk masa periode 2024-2029 hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 resmi dilantik dan diambil sumpah.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Kota Pekalongan, Karsena berlangsung secara khidmat di Ruang Rapat Paripurna DPRD setempat, Rabu (14/8/2024).

Rapat Paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD periode 2019-2024, M. Azmi Basyir. Selanjutnya, diumumkan pimpinan sementara DPRD Kota Pekalongan, yakni Balgis Diab dari Partai Golkar ditunjuk sebagai ketua sementara, sedangkan Nusron dari PKB sebagai wakil ketua sementara.

Sesuai aturan yang berlaku, partai pemenang pertama dan kedua memiliki hak sebagai pimpinan sementara. Partai Golkar sebagai partai pemenang pertama menunjuk dirinya untuk menjadi ketua sementara.

Ditemui usai acara, Ketua DPRD sementara, Balgis Diab merasa bersyukur atas diberikannya amanah ini sembari menunggu dipilihnya pimpinan definitif.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Pekalongan yang telah ikut menyukseskan Pemilu serentak pada 14 Februari 2024 lalu. Sehingga, tingkat partisipasi masyarakat cukup tinggi dan pemilu berjalan dengan lancar, aman, adil, dan damai,” katanya.

Ia berharap, acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini menjadi langkah awal pembangunan di Kota Pekalongan agar lebih baik lagi.

“Dengan adanya beberapa wajah lama DPRD periode sebelumnya yang terpilih kembali, tentunya saya juga berharap bisa lari lebih cepat lagi untuk mengerjakan agenda-agenda yang ada di legislatif untuk menyerap aspirasi masyarakat yang diwakilinya,” harapnya.

Seementara itu, Wali Kota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid yang ikut menghadiri acara tersebut mengucapkan selamat dan sukses kepada 35 anggota DPRD Kota Pekalongan yang telah dilantik.

Aaf, sapaan akrabnya, menekankan, pentingnya menguatkan sinergi dalam melanjutkan pembangunan. Dimana, amanah yang telah diberikan masyarakat ini diharapkan dapat dijalankan dengan penuh tanggung jawab, integritas, dan berdedikasi.

“Saya ucapkan selamat bekerja kepada para anggota DPRD Kota Pekalongan masa periode 2024-2029 yang baru saja dilantik. Dengan memikul amanah ini, anggota DPRD dapat menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya sampai purna,” ucapnya.

Ia yakin anggota DPRD Kota Pekalongan terpilih dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan sebaik-baiknya, terutama menjalankan tiga fungsi utama DPRD, yakni legislasi, anggaran, dan pengawasan.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada para anggota DPRD Kota Pekalongan periode sebelumnya 2019-2024 atas pengabdian dan jasa-jasanya kepada masyarakat, bangsa dan negara,” tutur Mas Aaf.

Pihaknya berharap, para anggota DPRD ini bisa semakin bersinergi dengan Pemerintah Kota Pekalongan dalam menjalankan program-program pembangunan yang mengedepankan kepentingan masyarakat.

“Saya yakin dengan dilantiknya 35 anggota DPRD Kota Pekalongan, dimana beberapa diantaranya merupakan wajah baru, semoga bisa lebih solid lagi demi kepentingan masyarakat Kota Pekalongan yang lebih baik lagi,” tuturnya.

Dirinya bersyukur, komunikasi antara jajaran legislatif dan eksekutif di Kota Pekalongan sudah terjalin sangat baik.

“Mau wajah lama ataupun wajah baru tidak menjadi masalah, yang terpenting pengabdian kepada masyarakat itu nomer satu,” pungkasnya.

Selain Wali Kota Pekalongan, acara tersebut juga turut dihadiri oleh istri Wali Kota Pekalongan, Inggit Soraya, Wakil Ketua I TP-PKK Kota Pekalongan, Istiqomah, Sekretaris Daerah, Nur Priyantomo, beserta jajaran Forkopimda Kota Pekalongan.

Hadir pula sejumlah pejabat dan kepala OPD jajaran Pemkot Pekalongan serta anggota DPRD terpilih bersama keluarga. (em-aha)