Depok, ERANASIONAL.COM – DPRD Kota Depok menggelar Rapat Paripurna Masa Sidang Kedua Tahun Sidang 2024. Jumat, (16/8/2024), di Ruang Sidang Paripurna DPRD Kota Depok.

Acara ini berlangsung untuk menyimak pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia dalam rangka peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI. Rapat yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Depok, H. TM. Yusufsyah Putra, dimulai pukul 09.00 WIB.

Dalam pembukaannya, Ketua DPRD Kota Depok mengucapkan selamat Hari Veteran Nasional yang diperingati pada 10 Agustus 2024.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Semoga kita semua sebagai penerus bangsa bisa melanjutkan cita-cita dan semangat perjuangan para pahlawan,” ujar Yusufsyah.

Yusufsyah menjelaskan bahwa sesuai dengan Pasal 146 Ayat 3 Peraturan DPRD Kota Depok Nomor 1 Tahun 2020 tentang Tata Tertib, rapat ini tidak mengambil keputusan sehingga tidak membutuhkan kuorum kehadiran anggota. Rapat ini resmi dibuka dan dinyatakan terbuka untuk umum.

Rapat paripurna ini juga merupakan bagian dari rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI yang bertema “Nusantara Baru, Indonesia Maju”. Yusufsyah menyebut tema tersebut sebagai wujud ikhtiar Indonesia dalam mewujudkan pusat peradaban baru yang berwawasan lingkungan dan menarik perhatian dunia internasional.

“Mari kita bersatu dan menggelorakan semangat perjuangan yang belum berakhir,” kata dia.

Setelah pidato kenegaraan Presiden RI selesai disimak bersama, Yusufsyah kembali menekankan pentingnya semangat gotong royong dalam menjaga pertumbuhan ekonomi dan stabilitas politik, ekonomi, serta sosial.

Ia juga mengingatkan bahwa nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika harus terus dipertahankan sebagai landasan dalam menghadapi berbagai tantangan.

Rapat paripurna ditutup dengan ajakan untuk bekerja sama antara Pemerintah Kota Depok, DPRD Kota Depok, dan seluruh lapisan masyarakat guna meneruskan pembangunan.

“Hanya melalui kerja nyata dan prestasi bersama, cita-cita mulia bangsa sebagaimana ditegaskan dalam Pembukaan UUD 1945 dapat diwujudkan,” kata Yusufsyah.

Rapat paripurna ini ditutup secara resmi oleh Ketua DPRD Kota Depok. “Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-79. Marilah kita songsong peradaban yang lebih maju sehingga kedaulatan negara Indonesia semakin kuat. Merdeka!” pungkas Yusufsyah.