Jakarta, ERANASIONAL.COM – Presiden Terpilih Prabowo Subianto bakal memulai proyek Tanggul Laut Raksasa dari Jakarta sampai Gresik, Jawa Timur. Mega proyek ini sebelumnya mangkrak.

Ketua Satgas Perumahan Tim Transisi Prabowo-Gibran, Hashim Djojohadikusumo mengungkapkan bahwa proyek ini sudah punya konsep sejak 1994 oleh Bappenas saat orde baru, namun selama 10 tahun tidak ada kemajuan.

Dia mengatakan, masalah yang dihadapi Jakarta bukan hanya Jakarta saja, tapi seluruh pantai utara Pulau Jawa.

“Dengan mengancam tanah-tanah yang subur, kita perkirakan bisa 40 persen sawah, lahan bisa tenggelam. Kalau kita tidak segera melindungi, maka Pak Prabowo ingin membangun Tanggul Laut dari Jakarta sampai Gresik di Jawa Timur,” ungkap Hashim dalam sebuah dialog di Senayan, Jakarta, dikutip Minggu 1 September 2024.

“Program ini tidak bisa dalam 5 tahun, mungkin tidak bisa dalam 10 tahun, mungkin harus baru bisa 20 tahun. Tapi harus segera dimulai karena permukaan laut sudah naik,” sambungnya.

Menurut Hashim, program ini nantinya gabungan dari kemitraan antara pemerintah dan swasta, serta dunia usaha yang diundang untuk ikut dalam pengembangan.

Nantinya, kesempatan itu juga dibuka tidak hanya untuk pihak swasta lokal tetapi juga pengembang asing.

“Di sini mungkin kawan-kawan REI (asosiasi pengusaha real estate) juga ikut serta pasti Pak Prabowo sudah bilang pengembang-pengembang dari Hong Kong silahkan, dari Korea, dari Singapura, dari Dubai, dari Abu Dhabi, dari mana kalau mau bawa dana, bahkan dari Rusia pun welcome di Indonesia,” jelas Hashim. []