Makassar, ERANASIONAL.COM – Polda Sulsel gelar penyerahan Satgas pengawalan dan pengamanan VIP untuk para calon gubernur, wakil gubernur, Ketua Bawaslu, dan Ketua KPU.

Kapolda Sulsel, Irjen Pol Andi Rian R Djajadi mengatakan, acara penyerahan pengamanan itu dihadiri oleh dua Paslon Pilgub Sulsel, yakni Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi serta Moh Ramdhan Pomanto-Azhar Arsyad.

“Kita berharap dengan penyerahan Satgas pengamanan dan pengawalan ini, menjadi tanda dimulainya tahap kampanye untuk proses Pilkada serentak di Sulawesi Selatan,”ujar Andi Rian.

Khusus untuk calon gubernur kata Andi Rian, disiapkan 21 personel dibagi menjadi tiga shif.

“Dalam bentuk pengawalan depan, kemudian pengawalan pribadi, tim edvans dan tim ADC,”jelas Andi Rian.

Satgas ini bertugas mengawal Paslon sampai selesai Pilkada 2024. Bahkan jika dari Paslon ada yang menggugat ke MK, pengawalan tetap dilakukan.

“Total pasukan pengamanan VIP berjumlah 96, untuk dua pasang calon gubernur 21 personel, selebihnya mengawal ketua Bawaslu dan ketua KPU, mereka mengawal 24 jam dengan sistem shif,”tutur Andi Rian.

Andi Rian menepis isu penambahan jumlah pasukan pengamanan terhadap Paslon dan penyelenggara karena Sulsel termasuk daerah rawan konflik Pilkada.

“Tidak seperti itu pertimbangannya, alasan penambahan karena ada formasi baru yang kita buat, tujuannya untuk updateting pengawalan yang ada,”pungkasnya. []