Bone, ERANASIONAL.COM – Seorang Petani bernama Rusdi (35) di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) tewas usai tersambar petir.

Insiden itu terjadi saat korban dalam perjalanan menuju sawahnya.

“Betul, ada seorang petani meninggal dunia setelah disambar petir,” ujar Plt Kasi Humas, Polres Bone, Iptu Rayendra Muchtar, Kamis 17 Oktober 2024.

Peristiwa nahas itu terjadi di Jalan Tani, Dusun Kaccope 2, Desa Bulu-Bulu, Kecamatan Tonra, Bone pada Rabu 16 Oktober 2024 sekitar pukul 09.00 Wita kemarin.

“Korban ditemukan tewas dengan luka bakar di kepala, darah keluar dari telinga, serta luka di betis dan telapak kaki,” jelas Rayendra.

Kronologi tersambar petir saat korban awalnya berangkat ke sawah sekitar pukul 07.00 Wita.

Namun sesampai di sawah korban kembali ke rumah untuk mengambil cangkul kemudian kembali ke sawah.

“Dalam perjalanan kembali ke sawah, korban tersambar petir. Cuaca kemarin sedang hujan deras disertai mendung tebal,” jelasnya.

Mendapat laporan warga, pihaknya bersama tim medis dari Puskesmas Tonra langsung mendatangi lokasi korban tersambar petir.

Saat sampai di TKP ternyata korban sudah meninggal dunia. Jenazah korban kemudian dievakuasi dan diserahkan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan.

Rayendra mengimbau warga agar tidak beraktivitas di luar rumah saat hujan.

Dia juga meminta warga untuk waspada terhadap cuaca ekstrem.

“Kami mengimbau warga agar tidak melakukan aktivitas di luar rumah saat hujan deras disertai petir. Pentingnya kewaspadaan terhadap cuaca ekstrem, terutama bagi mereka yang bekerja di luar ruangan,” pungkasnya. []