BOLMUT – Dinas Kominfo Dan Persandian (Diskominfo) Bolmut, melalui Bidang Aplikasi Informatika Dan Statistik melaksanakan tugas dan fungsi pengambilan data statistik sektoral. Dibeberapa desa yang ada di enam kecamatan.

Antara lain, Kecamatan Pinogaluman, Kaidipang, Bolangitang Barat, Bolangitang Timur, Bintauna dan Sangkub.

Kepala Bidang Aptika dan Statistik Lelly Fatlun Tombinawa, SE menyampaikan bahwa data statistik sektoral harus valid, sebab data ini sebagai sumber informasi yang harus bisa dipertanggungjawabkan dan merupakan aset penting dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

Dia menekankan, dengan menurunkan para personilnya dalam pengambilan data, Kabid Aptika Lelly Fatlun Tombinawa, SE terus menyemangati dan mengingatkan agar mengikuti prosedur pengambilan data disamping itu tetap patuhi protokol kesehatan covid-19.

“Pengambilan data statistik sektoral bertujuan untuk penyusunan Profil Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara,”jelasnya.

Sementara itu, dikatakan bahwa pengambilan data dilaksanakan selam delapan hari pada bulan maret lalu

Para personil yang turun lapangan (turlap) bertemu dengan Pemerintahan Desa bersama pihak yang berkepentingan dan lengkap dengan kuesioner serta melaksanakan wawancara terkait data Kependudukan, Pendidikan, Kesehatan, Pertanian.

Serta data Perkebunan, Peternakan, Perikanan, Sosial, Agama, Komunikasi dan Transportasi, Perdagangan, Hiburan, Olahraga, Perumahan, Sanitasi dan Pemerintahan.

“Data ini nantinya akan dilaporkan ke setiap Kantor Kecamatan di Kabupaten Bolmut sebagai arsip,”tutupnya.