Sampang – Perayaan hari raya Idul Fitri tentunya merupakan hari kemenangan yang ditunggu-tungu bagi seluruh umat Islam setelah menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh.

Biasanya hari itu disebut sebagai hari kemenangan yang disambutnya dengan penuh suka cita oleh seluruh umat islam, Berkumpul dengan keluarga untuk bersalam- salaman dengan para tetangga untuk saling memaafkan.

Seperti halnya yang dilakukan oleh keluarga besar astrah, tetap semangat dan kompak untuk saling menjaga keharmonisan hubungan antar keluarga dengan cara memanfaatkan momentum hari raya idul fitrih menjalin silaturrahmi antar keluarga yang digelar di rumah salah satu keluarga besar Astrah Kholik yang bertempat di kampung seneng Kecamatan Banyuates Kabupaten Sampang Jawa Timur (16/05/2021).

Menurut Kholik selaku tuan rumah, mengatakan menjalin silaturrahmi adalah hal yang dianjurkan oleh agama Islam.

“Selain dengan keluarga besar, dengan teman, tetangga dan kerabat silaturrahmi itu sangat banyak manfaatnya untuk menyambung kembali tali persaudaraan yang terputus apalagi ini kan masih suasana lebaran jadi mari untuk saling menyapa dan berjabat tangan untuk saling meminta maaf dan dimaafkan karena kita semua saudara,” ucap kholik saat berbincang santai dengan keluarga.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kusnadi, agar selalu menjaga kekompakan antar keluarga, saling menghargai antara yang satu dengan yang lainnya tanpa tebang pilih.

“Mari kita bersatu, karena kita satu saudara yang mesti saling membutuhkan antara saudara yang satu dengan yang lainnya, ciptakan keharmonisan hubungan antar keluarga dengan membangun rasa kepedulian antar sesama semoga momentum hari raya idul fitrih ini sekaligus sebagai ajang jalin silaturrahmi untuk mempererat tali persaudaraan,” ungkap Kusnadi selaku penggagas acara.

(Ali Usman)