Jokowi pada saat kunjungan progress IKN di Balikpapan. (Dok)

Balikpapan [Eranasional.com]  Setelah resmi diumumkan Ibukota Negara di bumi etam  pertengahan Agustus 2019 lalu, oleh Presiden Joko widodo, pun melakukan lawatan ke Kalimantan Timur.

Selain meresmikan Tol seksi 2,3 dan 4 di Gerbang Utama Km 38 Kec.Samboja ,Kab. Kutai Katanegara,  untuk pertama kalinya Jokowi meninjau langsung  lokasi IKN Penajam Paser Utara yang berada di areal PT.ITCHI  kelurahan Pemaluan, Kec.Sepaku. tepat pukul 16.47   Wita.

“Saya apresiasi memuji jalan cor semen 20 km dan tanah agregat  bercampur krikil 7 km tanah menuju IKN yang melewati 4 desa dan 1 kelurahan di Kec. Sepaku tersebut karena bakal memudahkan aksesbilitas jalan.” Katanya di Kelurahan Pemaluan ,Kab. PPU (17/12/2019).

Jokowi tidak sendiri namun memboyong serta 6 Mentri Kabinet Indonesia Maju, Antara lain Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Mendagri Tito Karnavian , Mentri KLHK Siti Nurbaya Bakar, Mentri BUMN Erick Thohir, Mentri ATR/BPN Sofyan Jalil, dan Mentri PUPR Basuki Hadimuljono ,Kepala Bappenas/Menteri PPN Suharso Monoarfa.

Usai meninjau langsung lokasi IKN di PPU Presiden Jokowi  mengungkapkan, nantinya total perluasan kawasan IKN 256.143 ha dan didalam luasan tersebut terbagi dari kawasan inti pusat Pemerintahan 5.600 ha, yang merupakan areal Kementrian dan lembaga serta kawasan Markas TNI/Polri, serta Kawasan didalam area seluas kurang lebih 56.000 ha yang merupakan kawasan Pemukiman Non ASN dan Universitas serta science. dengan total 66.000 ha.

“Presiden juga menegaskan pertengahan 2020  pembangunan infrastruktur IKN dilaksanakan.”

Bahkan menurut Presiden RUU IKN januari 2020 masih di bahas di DPR komisi V yang bakal memuluskan pembangunan pusat pemerintahan baru.

Jokowi pun menginap di salah satu hotel di bilangan jalan Jenderal Sudirman , karena Rabu (18/12/2019) pukul 07.00 wita Pagi rencananya akan meresmikan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Manggar pada pagi hari. Usai meresmikan TPA Manggar, Presiden Jokowi langsung bertolak ke Kalimantan Utara, untuk agenda kunjungan kerja kedua di Kalimantan.

(Red).