PEKALONGAN – Sebanyak 1050 Pelayan Publik yang terdiri dari tenaga jasa industri, hotel dan spbu menjalani suntik vaksin tahap pertama yang bertempat di GOR Jetayu, Kota Pekalongan. Minggu (6/6).

Dinas Kota Pekalongan menargetkan, vaksinasi bagi 3 kelompok masyarakat yang diundang itu akan rampung pada akhir juni. Dari data terbaru, progres suntik vaksin tahap pertama sudah mencapai 50%, sedangkan tahap kedua 33%.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan Slamet Budiyanto mengatakan, dari total jumlah 3 kelompok masyarakat yang rencanya akan menjalani suntik vaksin tahap pertama sebanyak 44 ribu orang, dengan 22 ribu diantaranya sudah disuntik.

“Vaksinasi covid untuk layanan publik. Target yang sudah disepakati kemarin sebanyak 1050 untuk vaksinasi hari ini. Namun yang diundang atau divaksin sekitar 750, adapun yang antri di pelayanan dan pendaftaran sekitar 100. Jadi total sementara 850 untuk hari ini,” jelas Budi.

Petugas kesehatan vaksinasi tersebut terdiri dari RSUD Bendan, TNI, Polri dan RS Budi Rahayu Kota Pekalongan.
Proses pelaksanaan vaksinasi di kota Pekalongan terus dikebut untuk menjaga stok vaksin yang akan digunakan. Pemerintah berharap sisa waktu 2 hingga 3 pekan mendatang, bisa dimanfaatkan untuk merampungkan target bagi tenaga pelayan publik, sdm kesehatan serta lansia.

Sementara itu, Endah (35) salah satu peserta vaksinasi yang bekerja di salah perusahaan otomotif yang berada di Kota Pekalongan mengungkapkan kebahagiaannya karena sudah mengikuti vaksin.

“Baru pertama kali ikut vaksin dan seneng sih mas. Alhamdulillah, untuk saat ini tidak ada pengaruh apa-apa. Tahu kegiatan ini karena dapat info dari HRD Perusahaan, yang dimana ada 140 orang sudah terdaftar, termasuk saya. Semoga tetap sehat dan terhindar dari Covid-19,”ujarnya. (MAH)