WAJO – Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini meresmikan Bendungan Paselloreng dan Bendungan Gilireng di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.

Dua bendungan yang diresmikan hari ini merupakan 17 bendungan yang tahun ini akan diresmikan oleh Jokowi hingga akhir Desember 2021 mendatang

“Alhamdulllah bendungan Paselloreng di Kabupaten Waji yang dibangun tahun 2015 hari ini sudah selesai dan siap difungsikan,” kata Jokowi, Kamis (9/8/2021).

Jokowi mengatakan bendungan ini dibangun dengan menghabiskan dana sekitar Rp 771 miliar dan sudah dilengkapi dengan bendungan irigasi Gilireng.

“Ini akan sangat bermanfaat untuk mendukung Sulawesi Selatan sebagai lumbung pangan nasional,” jelasnya.

Jokowi mengatakan, bendungan ini memiliki kapasitas tampung 138 juta meter kubik dan memiliki lua 1.258 hektare. Bendungan in diharapkan dapat mengairi sawah seluas 8.500 hektare.

“Kita tahu bahwa ketahanan pangan itu butuh suplai air. Dan air itu akan ada kalau kita memiliki sebanyak-banyaknhya bendungan. Sehingga bisa menyediakan suplai air secara continue dan berkelanjutan,” katanya.

“Kita harapkan dengan suplai air yang ada akan meningkatkan frekuensi tanam. Mungkin satu bisa jadi tiga atau dua. Sehingga meningkatkan produktivitas lahan serta akhirnya meningkatkan kesejahteraan petani,” katanya.