JAKARTA – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut coretan pada tugu sepatu di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat adalah pelanggaran. Menurut dia, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta tengah menindaklanjuti pelanggaran itu.

“Pelanggaran ini sedang ditindaklanjuti oleh ibu bapak kami dari Satpol PP Provinsi DKI Jakarta.” Riza menulis status di akun Twitter @ArizaPatria, Sabtu, 18 September 2021.

Instalasi sepatu itu dibangun persis di depan Stasiun BNI City Taman Dukuh Atas. Mereknya adalah Compass dengan dominasi warna putih, kuning, biru, coklat muda, dan merah.

Pada bagian kanan sepatu dicoret-coret. Ikon yang tadinya berwarna putih itu penuh dengan coretan ungu. Di bagian sol sepatu juga terlihat coretan hitam.

“Coretan ini tidak pada tempatnya,” ujar Riza Patria. Menurut dia, Pemerintah DKI dapat memfasilitasi warga dengan menggelar lomba desain grafis sepatu lokal merk Compass. Opsi lain adalah membeli sepatu produksi UMKM lalu membuat desain sendiri sesuai selera.

Seni instalasi itu merupakan bentuk gerakan dari Festival Kolaborasi Jakarta, merk sepatu lokal Compass, dan PT Bank Central Asia Tbk. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Gumilar Ekalaya mengatakan kegiatan ini dibuat untuk menyambut Tahun Internasional Ekonomi Kreatif 2021 yang diinisiasi United Nations Conference on Trade and Development