MEDAN – Wali Kota Medan Bobby Nasution kembali menegaskan jangan ada praktik pungutan liar atau pungli pelayanan di jajaran Pemkot Medan. Dia mewanti-wanti karena pungli melanggar aturan.

“Pokoknya yang saya katakan, pungli bukan hanya dari jajaran pemerintahan,” ujar menantu Presiden Joko Widodo, Selasa (5/10/2021).

Khusus di pasar tradisional, Bobby mengatakan pungli terhadap pedagang tidak boleh terjadi. Dia mengaku juga sudah menyampaikan hal tersebut kepada direksi PD Pasar yang baru dilantik.

“Khusus di pasar, saya sudah sampaikan ke direksi yang baru, mulai dari sampah, kamar mandi, kebersihan, parkir, jangan ada pungli baik dari internal maupun eksternal,” katanya.

Karena itu, Bobby memberikan waktu kepada Direksi PD Pasar untuk segera membenahi pasar-pasar tradisional yang dikelola agar tidak ditemukan lagi kejadian serupa.

“Kami kasih waktu mereka merapikan di pasar. Kemarin sudah dirapikan beberapa titik saya lihat,” ucapnya.

Bobby menyebut aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkot Medan tidak semestinya meminta uang kepada masyarakat dengan dalih apa pun. Sebab, hal itu termasuk kategori pungli dan itu tidak dibenarkan.