Terlihat para pengunjung sedang antri untuk memasuki obyek wisata Pantai Pasir Kencana, Jumat (11/3/2021).

Pekalongan – Bosan dengan hiruk pikuk aktivitas sehari-hari? Tak perlu ke luar kota mencari tempat melepas penat. Di Kota Pekalongan ada Pantai Pasir Kencana yang cocok jadi tempat healing. Tempat yang lagi hits dan pas dinikmati saat weekend.

Pantai ini menyuguhkan panorama matahari tenggelam (sunset) yang memukau, deburan ombak yang tenang, hingga pasir pantai yang menggelitik, pengunjung akan dibuat betah memandangi alam sehingga cocok menjadi tempat bersantai sejenak dari rutinitas yang melelahkan.

Di dalam lokasi juga terdapat air mancur, jogging track, wahana bebek-bebekan, permainan pasir, kolam kecah dan sebuah menara untuk menikmati keindahan pantai dari atas.

Dilengkapi 24 kios, pengunjung juga bisa menikmati aneka kuliner seperti pecel, pindang tetel, bakso, mie ayam, pempek, kopi tarik, ayam taliwang, dari kuliner yang tradisional hingga kekinian.

Kepala UPTD Wisata Air Pantai Pasir Kencana Pekalongan, Mustofa Hadi mengatakan Harga Tiket Masuk (HTM) sebesar Rp15 ribu per orang (sudah termasuk asuransi).

“Wisata Air ini resmi dibuka untuk umum mulai Jumat (4/3/2022) lalu dan selama bulan Maret 2022 tiket masih promo Rp15 ribu, sesuai Perwal harga tiket normal nantinya Rp 25 ribu sudah termasuk asuransi,” katanya kepada eranasional, Jumat (11/3/2022).

Mustofa menambahkan, meski jam operasional mulai pukul 14.00 WIB hingga 20.00 WIB dalam sepekan ini, antusias masyarakat untuk berkunjung sangat luar biasa. Pasalnya, obyek wisata ini telah dinanti-nanti oleh masyarakat luas.

“Dalam sepekan, sebanyak 20 ribuan tiket sudah terjual. Pada hari biasa terjual rata-rata 1.000-1.500 tiket, sedangkan weekend bisa 4.000 tiket lebih,” ujarnya.

“Pengunjung paling banyak datang sore hari. Tak hanya wisatawan dari dalam kota, banyak pula mobil plat luar kota berkunjung kemari,” terang Musthofa.

Disinggung mengenai protokol kesehatan (prokes), Mustofa mengaku sudah diatur sesuai aturan yang berlaku. Pengunjung maupun petugas wajib mematuhi prokes yakni mencuci tangan sebelum masuk obyek wisata, wajib memakai masker, dan menjaga jarak.

Sambil berswafoto, para pengunjung tampak asyik bermain air.

Retno (21), warga Kalisalak, Kabupaten Batang ini sengaja datang ke pantai untuk menikmati pemandangan sore bersama temannya.

“Tempat dan suasananya menarik, bisa foto-foto apalagi sore menjelang malam seperti ini. Untuk masuknya tadi mengantre dulu, tapi tidak masalah,” tutur Retno.

Hal senada diungkapkan Anisa (35), warga Comal, Kabupaten Pemalang yang rela jauh-jauh ke Wisata Air ini untuk menikmati suasana pantai bersama keluarganya.

“Kesini bareng keluarga naik mobil, karena penasaran lihat di medsos kayaknya masih hits banget. Asyik, karena sudah ada wahananya buat bermain bersama anak-anak. Mungkin, nanti bisa ditambah lagi wahananya,” kata Anisa. (em-aha)