Situasi Pasar Tanah Abang

Eranasional.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) disiagakan di kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, menjelang ramadan. Upaya ini untuk mencegah pedagang kaki lima dan kerumunan massa yang bisa meningkatkan penularan covid-19.

“Iya kita terjunkan 500 Satpol PP setiap hari di sana. Jumlah tersebut khusus menjaga kawasan Pasar Tanah Abang,” ujar Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Jakarta Pusat, Bernard Tambunan, dikutip dari medcom.id, Selasa, 22 Maret 2022.

Bernard menerangkan 500 personil tersebut nantinya diperkuat kehadiran Polri dan TNI. Petugas ditempatkan di kawasan Tanah Abang.

“Selain itu petugas juga akan melakukan penyisiran,” ucapnya.

Pengerahan ratusan petugas ini bertujuan menghalau pedagang musiman menjelang Ramadan. Para pedagang tersebut biasanya memanfaatkan trotoar untuk dijadikan lapak berjualan.

“Kita akan jaga trotoar jangan sampai mereka kuasai. Petugas akan melakukan penghalauan terhadap pedagang musiman, jangan sampai pedagang masuk ke bahu jalan, jangan sampai mereka mengokupasi trotoar,” papar Bernard.

Sejumlah titik juga akan dijaga guna menghindari kerumunan. Di antaranya, kawasan Thamrin, Monas, Lapangan Banteng, dan Masjid Akbar.