Wakil Walikota Pekalongan, Salahudin didampingi Kapolres Pekalongan Kota AKBP Wahyu Rohadi dan Forkopimda saat mengecek kendaraan untuk moda transportasi Operasi Ketupat Candi 2022, Jumat (22/4/2022). Foto : Abdul Hakim

Pekalongan – Wakil Walikota (Wawalkot) Pekalongan, Salahudin menjadi pemimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi 2022 yang berlangsung di Halaman Polres Pekalongan Kota, Jumat (22/4/2022).

Dalam kesempatan itu, Salahudin menyampaikan amanat Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2022 dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1443 H, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait.

“Dalam pelaksaan operasi ketupat 2022 melibatkan personel pengamanan gabungan terdiri dari personel polri, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Pemadam Kebakaran, Linmas, Senkom dan Instansi lainnya,” jelas Kapolri.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah telah menetapkan libur nasional hari raya Idul Fitri 1443/2022 pada tanggal 2-3 Mei 2022 dan juga menetapkan cuti bersama Idul Fitri pada tanggal 29 April dan tanggal 4-6 Mei 2022.

“Berbeda dengan lebaran tahun lalu, untuk tahun ini pemerintah memberikan kelonggaran-kelonggaran kepada masyarakat untuk dapat merayakan lebaran dengan berkumpul bersama keluarga,” kata Salahudin kepada eranasional usai pimpin apel.

“Kita berharap mudik yang aman, lancar dan sehat. Keluarga menanti dirumah tidak perlu ngebut. Sampai rumah dalam kondisi sehat, tidak menyebarkan virus Covid-19 ke keluarganya. Diharapkan sudah booster, sehingga diperjalanan lebih aman,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolres Pekalongan Kota AKBP Wahyu Rohadi menjelaskan beberapa titik rawan kemacetan di wilayah Kota Pekalonga saat mudik berlangsung.

“Ada di THR, Matahari, Exit Tol Setono, dan lainnya. Nanti titik-titik rawan itu kita dirikan posyan (pos pelayanan) dan pospam (pos pengamanan),” katanya.

“Kita juga siapkan rest area. Jadi, bagi pemudik yang capek saat perjalanan bisa istirahat ditempat tersebut. Kita fasilitasi makan, minum dan instruktur senam agar lebih rileks,” pungkas Kapolres.

Kasatlantas Polres Pekalongan Kota, AKP Aliet Alphard menambahkan jika nantinya terjadi kepadatan saat mudik, pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas.

“Alternatifnya dari Jalan Merdeka nanti ambil ke Jalan Kadipolo, terus belok kanan ke arah timur menuju Jalan Ki Mangunsarkoro. Untuk puncaknya diprediksi mulai tanggal 28 April hingga 1 Mei,” tutupnya. (em-aha)