Kedatangan penumpang kereta api (KA) yang masuk ke Stasiun Pekalongan mulai mengalami peningkatan dibandingkan sepekan sebelumnya. Foto : Abdul Hakim

Pekalongan – Berdasarkan data PT KAI Rekap Penumpang Naik Turun Wilayah DAOP IV Semarang hari ini, Kamis (28/4/2022) atau H-4 Lebaran, jumlah kedatangan penumpang kereta api (KA) yang masuk ke Stasiun Pekalongan diprediksi mulai meningkat  dibandingkan sepekan sebelumnya.

Hal tersebut diungkapkan oleh Humas PT KAI Daop IV Semarang, Krisbiyantoro saat dikonfirmasi eranasional melalui whatsapp.

“Menurut data yang kami terima, tercatat sebanyak 1.959 penumpang yang turun di Stasiun Kota Pekalongan. Jumlah ini meningkat  dibandingkan pekan lalu yang hanya kisaran 789 penumpang,” kata Kris.

Salah satu faktor terjadinya peningkatan kedatangan penumpang, dikarenakan besok Jumat (29/4) sudah mulai cuti bersama.

“Peningkatan volume pelanggan pada arus mudik ini seiring dengan dimulainya masa cuti bersama di berbagai instansi,” terangnya.

Krisbiyantoro menambahkan, rute favorit masyarakat di masa angkutan lebaran ini adalah rute Jakarta-Semarang, Jakarta-Tegal, Surabaya-Semarang, dan Bandung-Semarang.

Sementara itu, Kepala Stasiun Pekalongan Sunariyo mengatakan, penumpang yang turun di Stasiun tersebut lebih banyak daripada penumpang yang naik.

“Berdasar data hari ini hingga pukul 09.00, tercatat ada 976 penumpang yang naik. Memang lebih sedikit dibandingkan penumpang yang turun,” katanya saat ditemui eranasional.

Namun, pihaknya memprediksi akan terjadi peningkatan penumpang yang naik di Stasiun Pekalongan saat arus balik Lebaran nanti.

“Untuk (tiket arus balik) tanggal 3 sampai 8 Mei setiap harinya sudah terjual kisaran seribuan tiket kereta,” katanya.

Lulu (27), salah seorang pemudik dari Cengkareng, Jakarta mengaku senang dan lega setelah sampai di Pekalongan karena ingin segera bertemu dengan keluarganya di daerah Kabupaten Batang.

“Senang sudah nyampe, kangen sama keluarga soalnya sudah 2 tahun enggak mudik. Saya tadi bareng suami naik dari Stasiun Senen, kebetulan suami udah mulai cuti hari ini,” ungkapnya. (em-aha)