Petugas Damkar Kota Pekalongan berhasil mengevakuasi ular jenis piton di Kelurahan Noyontaansari, Kecamatan Pekalongan Timur, Kota Pekalongan.

Pekalongan – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Pekalongan mengevakuasi ular jenis piton di sebuah rumah kosong yang berada di Kelurahan Noyontaansari Gang 15, Kecamatan Pekalongan Timur, Kota Pekalongan, Minggu (1/5/2022).

“Ular jenis reticulatus python sepanjang 2,5 meter dievakuasi oleh 1 tim rescue yang terdiri dari 6 orang personel,” terang Yudha, petugas  damkarmat kepada eranasional.

Yudha menambahkan, pihaknya mendapatkan laporan dari salah seorang warga bahwa disebelah rumahnya yang kosong terdapat seekor ular jenis tersebut.  Setelah mendapatkan informasi itu, pihaknya langsung menuju ke lokasi untuk melakukan evakuasi.

“Sekira pukul 07.30 Wib kami mendapat informasi dari salah seorang warga Noyontaansari, bahwa dia melihat ular di atap sebelah rumahnya yang kebetulan tidak berpenghuni,” jelasnya.

Setelah 30 menit memburu ular tak berbisa tersebut, akhirnya petugas berhasil mengevakuasi ular sepanjang dua setengah meter dan membahayakan anak kecil.

“Kami bawa, untuk nantinya dilepas liarkan ke hutan lindung yang jauh dari pemukiman warga,” ujarnya.

Menurut Yudha, dalam dua minggu pihaknya sudah berhasil mengevakuasi 5 ekor ular ditempat berbeda.

“Dari hasil rescue selama 2 minggu, ada 4 ekor ular jenis python reticulatus dan 1 ekor jenis ptyas mucosa yang sudah kita amankan,” pungkasnya. (ema-aha)