Walikota HA Afzan Arslan Djunaid mengatakan belum ditemukan kasus Hepatitis di Kota Pekalongan.

Kota Pekalongan – Hingga saat ini di Kota Pekalongan belum ditemukan kasus Hepatitis. Hal itu disampaikan Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid saat ditemui dikantornya bahwa, tidak ada laporan dari Dinas Kesehatan terkait kasus hepatitis di Kota Pekalongan.

“Alhamdulillah di Kota Pekalongan belum ada laporan ditemukan kasus penyakit Hepatitis Akut Misterius itu,” kata Aaf, sapaan akrab Walikota Pekalongan, Rabu (18/5/2022).

Menurutnya, hingga kini, belum diketahui secara pasti penyebab dari penyakit hepatitis akut misterius.

Meski begitu, Ia sudah meminta seluruh jajaran dan masyarakat, untuk meningkatkan kewaspadaan menjaga kesehatan agar terhindari dari penyakit, salah satunya hepatitis akut.

Memang penyakit itu menyerang secara tiba-tiba, dan berlangsung dalam jangka waktu yang singkat dengan menyerang anak-anak hingga bisa berujung kematian pada anak-anak.

“Oleh karena itu, kita harus tetap antisipasi, karena berdasarkan informasi dari tenaga medis penyakit itu belum ada uji lab nya dan masih misterius penyebabnya. Mudah-mudahan kita bisa jaga bersama agar kasus ini jangan sampai masuk ke Kota Pekalongan,” jelasnya.

Terpisah, Plt Direktur RSUD Bendan dr Difayana mengungkapkan, saat ini memang belum ditemukan penyakit Hepatitis misterius di Kota Pekalongan.

Menurutnya, penularan penyakit Hepatitis misterius ini memang belum diketahui penyebabnya. Adapun gejala awal yang dialami pasien atau masyarakat yang menderita penyakit ini yakni mual, pusing, muntah, feses berwarna pucat,kulit menguning, dan demam tinggi.

“Belum ada uji laboratorium nya juga, sehingga salah satu cara untuk mewaspadai penyakit itu yaitu adalah menjaga pola makan, dengan rajin mencuci tangan sebelum makan,” pungkasnya. (*)