Ilustrasi Balap Liar, Foto: Ntmc.polri

JAKARTA, Eranasional.com- Petugas Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya meringkus pelaku yang menutup jalan untuk ajang aksi balap liar di Jalan Asia Afrika, Senayan, Jakarta Pusat.

“Pelaku sudah ditangkap,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Brigadir Jenderal Polisi Sambodo Purnomo Yogo saat dikonfirmasi wartawan di Jakarta, Jumat (1/7/2022) malam.

Balap liar ini pun juga sempat viral di media sosial karena berdampak kemacetan. Sebelumnya, rekaman video aksi balap liar di Jalan Asia Afrika, Jakarta Pusat, tersebar melalui media sosial @merekamjakarta pada beberapa waktu lalu.

Aksi balap liar mobil itu terjadi pada Jumat (24/6) sekitar pukul 00.53 WIB. Akibat tindakan itu terjadi kemacetan lalu lintas di sekitar lokasi kejadian.

Sejumlah pengendara mobil yang menjadi penonton balap liar memperparah kondisi kemacetan lalu lintas di lokasi.

“Dari situ penyidik Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya melakukan penyelidikan berdasarkan dari rekaman video tersebut kemudian alat bukti CCTV, kemudian kamera E-TLE dengan keterangan saksi maka kita melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan tiga kendaraan berikut pengemudinya,” kata Rusdy kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (2/7/2022).

Ketiga pelaku balap liar ini rupanya masih sangat muda. Mereka antara lain berinisial AB (25), RJ (23) dan ARM (22).

Kepada polisi, ketiga pemuda ini mengaku tidak saling kenal dan spontan melakukan aksi balap liar. Rusdy memastikan belum ada aksi taruhan dari kegiatan balapan tersebut.

“Iya hasil keterangan, introgasi dari penyidik kita bahwa yang ketiga orang ini begitu sampai di TKP melihat jenis kendaraan yang sama yang saling memanas-manasi sehingga akhirnya mereka balap balapan. Di antara tiga pelanggar itu tidak saling mengenal,” bebernya.

Atas perbuatanya, ketiga tersangka dikenakan Pasal 297 junto Pasal 115 UU nomor 22 tahun 2009 tentang LLAJ. Mereka dikenakan sanksi tilang.