Keterangan foto dari kiri ke kanan: Denie, S..Pd.,M.Pd (kepala SDN 1 Menteng), Yantri, S.Pd.,M.Pd. (Kabid pembinaan ketenagaan), Jayani, S.Pd., M.Si.,(plt. Kadisdik Kota Palangkaraya), Dr.Rusnani, M.Pd. (fasilitator sekolah penggerak), Ketut Sukajaya, S.Pd.,M.Pd. (kepala balai guru penggerak prov. Kalteng), Suriani,S.Pd.,M.Pd (pengawas pembina sekolah)

PALANGKA RAYA – Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangkaraya, Jayani,S.Pd., M.Si membuka secara resmi pelaksanaan kegiatan In House Training (IHT) Implementasi Kurikulum Merdeka Program sekolah Penggerak Angkatan II Tingkat SD Kota Palangka Raya Tahun 2022 bertempat di Hotel Royal Global Palangkaraya, Senin 4/7/22.

Acara yang dibuka Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Palangkaraya ini juga dihadiri oleh Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Kalimantan tengah Ketut Sukajaya, Kabid Pembinaan Ketenagaan Yantri, Kabid Pembinaan SD Rahmat Winarso.

Jayani dalam sambutan nya menjelaskan sekolah penggerak adalah pelopor pelaksana kurikulum merdeka maka harus memberikan contoh kepada sekolah lain, Dalam penerapannya harus bisa melakukan kerjasama dan kolaborasi dengan sesama warga sekolah dan pihak terkait lainnya.

Dia juga menambahkan perubahan kurikulum dilakukan untuk menyesuaikan dengan situasi perkembangan
jaman dan kebutuhan peserta didik. Kurikulum merdeka berpusat kepada peserta didik dan memberikan pengalaman belajar bermakna bagi mereka.

Keterangan foto: Peserta kegiatan

Ketua panitia pelaksana kepala SDN 1 Menteng Denie, menerangkan In house training implementasi kurikulum merdeka adalah kegiatan yang diselenggarakan secara mandiri oleh sekolah sebagai bagian dari kegiatan pengimbasan oleh komite Pembelajaran setelah mengikuti pelatihan komite pembelajaran sekolah penggerak dalam rangka pemenuhan mutu setelah melakukan Analisa raport Pendidikan sekolah.

Deni juga menerangkan program implementasi Kurikulum Merdeka secara umum bertujuan agar peserta memahami Program Sekolah Penggerak, Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila, dan implikasinya dalam pembelajaran sesuai dengan perannya masing-masing.

“Pelaksanaan kegiatan yang berlangsung selama 9 hari bertempat di SDN 1 Menteng tersebut dilaksanakan mulai tanggal 4 – 12 juli diikuti oleh kepsek dan Guru sekolah Penggerak SDN 1 Menteng 29 orang, SDN 1 Kalampangan 14 orang, SDN 1 Panarung 15 orang, SDN 8 Palangka 10 orang, SD Islam Darussalam 10 orang, SD Islam Integral Hidayatullah 14 orang dan Pengawas Pembina Sekolah penggerak (6 orang).” tutupnya

Reporter AF