anak-anak berfoto usai lomba. Dok.(era)

DEPOK, Eranasional.com- Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia menjadi momentum yang sangat berkesan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Sebab, pada kesempatan tersebut, digelar berbagai kegiatan menarik seperti lomba yang diikuti oleh anak-anak hingga orang tua.

“Dalam rangka memeriahkan HUT Ke-77 Republik Indonesia, di lingkungan kami, baik itu diluar perumahan atau didalam lingkungan perumahan telah berinisiatif melaksanakan macam-macam lomba untuk warganya,” kata Dody Rifanji selaku Ketua RT 08/02 Perumahan Griya Sari Permai Depok, Ratu Jaya, Cipayung, DEPOK, Rabu (17/8).

Menurut Dody, lomba-lomba yang diselenggarakan itu bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang guyub dan kekeluargaan. “Kegiatan dilakukan secara swadaya, baik itu dari materi, ide-ide maupun konsumsi. Walupun dilakukan secara sederhana, tetapi yang penting ada nilai kebersamaannya. Alhamdulillah, partisipasi dan antusiasmenya sangat luar biasa,” tuturnya.

Dok. Era.

Di samping itu, kegiatan 17an juga menjadi ajang yang penting untuk mengajarkan anak-anak terhadap rasa nasionalisme dan tidak melupakan sejarah. “Jadi, selain untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan kita, anak-anak kita juga diajarkan berkompetisi dengan tetap sportif,” imbuhnya.

Berdasarkan pantauan, di lingkungan Blok C, pukul 09.00 WIB anak-anak sudah berkumpul dan memulai kegiatan lomba dengan berdoa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Adapun kegiatan lomba yang diadakan, antara lain untuk anak-anak yaitu: memindahkan Tepung Terigu, Makan Kerupuk, mengisi air dengan sendok, nyanyi, lomba balap karung dengan helm, memecahkan balon isi air, serta memasukan paku ke dalam botol. Sedangkan untuk ibu-ibu, memindahkan tepung secara estafet, tarik tambang dan balap karung.

 

Dengan memanfaatkan barang-barang sederhana bisa menjadi ide lomba yang kreatif dan menarik untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan RI. Tidak hanya perlombaan untuk orang dewasa, namun anak-anak juga terlibat dengan permainan yang unik dan menarik.

“Selain ajang untuk seru-seruan, lomba 17an ini juga memiliki manfaat yang positif, di antaranya mampu melatih kerjasama tim yang baik, kecepatan, hingga ketepatan,” kata Bagus Riyanto, selaku panitia lomba Anak anak Perum GSP.

Bagus menambahkan, makna dari kegiatan lomba dalam rangka HUT RI, supaya masyarakat bisa bersatu dalam menghadapi segala tantangan yang ada. Hal ini wujud dari implementasi nilai-nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika. “Sesuai dengan tema besar Hari Kemerdekaan RI tahun ini adalah Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat,” tandasnya. (*)