ketua Pimpinan Anak Cabang Pemuda Pancasila (PAC PP) Kecamatan Bulakamba, Eka Panatagama, SE (foto Olam)

BREBES, Eranasional.com- Hari Kesaktian Pancasila adalah salah satu hari penting dalam sejarah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober.

Mengingat pentingnya menerapkan Ideologi Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara maka sudah selayaknya selaku warga Negara turut berperan aktif memperingati momentum bersejarah tersebut.

Demikian menurut Ketua Pimpinan Anak Cabang Pemuda Pancasila (PAC PP) Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, Eka Panatagama, SE saat ditemui di Kantornya, Senin (26/9/2022).

Maka dari itu, Eka Panatagama bersama jajaran pengurus serta anggota PAC PP Bulakamba akan menggelar Nonton Bareng (Nobar) film yang menayangkan sejarah Gerakan 30 September PKI di hari Kesaktian Pancasila 1 oktober 2022, mendatang.

“Rencananya saya dan anggota PAC PP Bulakamba akan mengadakan nobar, sekalian mempererat silaturahmi dan merapatkan barisan, ” kata Eka Panatagama.

Selain itu, menurut Eka. Untuk mengingatkan kita semua bahwa bahaya laten komunis memang harus disikapi oleh anak bangsa supaya tidak muncul atau terjadi kembali.

“Minimal anggota-anggota lebih bisa memahami bahaya laten komunis, ya kalau bicara saat ini kalau saya lihat negara dalam kondisi stabil dan paling tidak supaya kita tahu bahwa kalau sampai muncul kembali kondisi negara bisa sangat memprihatinkan, ” ujarnya.

Dikatakan juga, selain diberikan pemahaman-pemahaman anggota juga bisa ditugaskan untuk menjaga wilayah masing-masing dengan bekerja sama dengan aparat.

“Misalkan ditemukan ada hal-hal mencurigakan yang membahayakan keutuhan NKRI, bisa kita sikapi dengan berkordinasi dengan aparat setempat, ” pungkasnya. (Olam)