Ketua Bawaslu Kota Pekalongan sedang melantik 12 anggota Panwascam Kota Pekalongan.

Pekalongan – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Pekalongan resmi melantik 12 anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) se-Kota Pekalongan di Hotel Horison, Sabtu (29/10/2022).

Ketua Bawaslu Kota Pekalongan, Sugiharto mengatakan, 12 anggota Panwascam yang telah dilantik ini akan disebar ke 4 kecamatan di Kota Pekalongan, dimana setiap kecamatan ada 3 orang yang bertugas dan mereka siap mensukseskan Pemilu 2024.

“Teman-teman Panwascam langsung akan melaksanakan tugas, yakni membantu Bawaslu untuk pengawasan verifikasi faktual keanggotaan partai politik yang dilaksanakan oleh KPU dan untuk data sampling keanggotaan di Kota Pekalongan sendiri ada sekitar 1.650,” katanya kepada eranasional.

Sugiharto menjelaskan, setelah melalui proses seleksi yang cukup panjang dan ketat yakni test tulis (CAT) dan wawancara, Bawaslu akhirnya menetapkan 12 anggota Panwascam, dimana sebagian besar yakni 9 orang adalah muka baru, sementara 3 orang lagi adalah muka lama.

“Untuk Panwascam Pemilu sebelumnya, kita tidak ada perempuannya dan sekarang kita ada 2 perempuan. Kemudian, yang incumbent hanya 3 orang dan semuanya baru. Sedangkan untuk masa kerja Panwascam sampai tahapan Pemilu 2024 berakhir, kurang lebih 20 bulan,” tuturnya.

Ia berharap, para anggota Panwascam yang baru dilantik ini bisa bekerja dengan baik dan menjalankan tugasnya secara maksimal hingga tahapan pemilu tahun 2024 selesai. (emaha)