Taman Mini Indonesia Indah (TMII). (Foto: ANTARA)

JAKARTA, Eranasional.com – Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, memperpanjang jam operasional khusus di tanggal 31 Desember 2022. Perpanjangan jam operasional ini dilakukan karena TMII akan menjadi pusat tempat perayaan pesta tahun baru yang digelar di Pemprov DKI Jakarta.

“Khusus tanggal 31 Desember 2022, jam operasional TMII akan dibukan lebih panjang hingga pukul 24.00 WIB,” kata pihak TMII melalui siaran persnya, Senin (26/12/2022).

Untuk jam operasional sepanjang masa liburan Natal 2022 dan tahun baru 2023 pada 24 Desember 2022-2 Januari 2023, wisatawan bisa berkunjung pukul 06.00-16.00 WIB pada hari Senin-Jumat. Kemudian pukul 05.00-16.00 WIB pada Sabtu-Minggu

PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, selalu pengelola TMII juga menambah akses pintu masuk wisatawan, yakni Pintu 3 (Utama), Pintu 1, dan Pintu 4.

Ragam petunjukan di TMII akan disajikan bagi wisatawan yang datang berkunjung, tidak hanya dapat menikmati wajah baru TMII, tapi juga dihibur dengan berbagai macam pertunjukan. Beberapa di antaranya adalah Support Anjungan Daerah, Ragam Budaya, Musisi Jalanan, Changing Guard, Color Guard, Musik Legenda (Koes Ploes), dan Angklung Paglak.

Hiburan lainnya adalah Calung, Banyumasan, Sisingaan, Barong Blora, Taman Mini Menarik, Musik Gendang Kempul, Jejangkungan, Reog Ponorogo, Musik Doll Bengkulu, dan Blegajuran.

Untuk lebih memeriahkan suasana, pihak TMII menggandeng senimat pahat dan seniman lukisan untuk memberikan atraksi edukatif bagi wisatawan.

Pada pergantian malam tahun baru 2023, PT TWC berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta untuk menyelenggarakan acara.

Acara ini turut mendukung program “Semarak Indonesia Gelorakan KTT ASeAN Summit 2023” dan menghadirkan grup band Indie dan sesenian rakyat, serta Parade Budaya Nusantara di beberapa titik lokasi, yakni Plaza Keong Emas, Plaza Gajah Mada, Plaza Utara dan Selatan Gedung Pengelola, dan acara puncak di Danau Archipelago.

“Pada masa ramai Natal 2022 dan tahun baru 2023 ini, kami hadir dengan konten dan aktivitas yang sarat dengan nilai edukasi bagi wisatawan, melalui ragam experiential program,” kata Direktur Utama PT TWC Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, Edy Setijono.