Ilustrasi (Foto: Unplash)

JAKARTA, Eranasional.com – Corporate Communication Taman Impian Jaya Ancol (TIJA), Ariyadi Eko Nugroho, memastikan video yang menampilkan gelombang tinggi di Ancol hoax. Pernyataannya itu menepis kabar adanya gelombang tinggi hingga menyebabkan air laut tumpah ruah ke daratan pada Selasa (27/12/2022) malam.

“Terkait dengan viralnya video di media sosial yang menggambarkan telah terjadi ombak dan gelombang yang tinggi di Ancol pada malam hari, itu tidak benar,” kata Ariyadi, Rabu (28/12/2022).

Kala itu, kata Ariyadi, langit di Ancol justru dalam keadaan cerah dan tidak hujan. Sehingga dipastikan video viral tersebut bukan terjadi di Ancol.

“Kemarin malam kondisi di Ancol sangat kondusif. Langit cerah, tidak ada gerimis atau hujan,” imbuhnya.

Hal senada diucapkan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Isnawa Adji. “Hasil koordinasi dengan ABK Kapal Praja, terkait video singkat yang beredar mengenai kondisi gelombang tinggi di pesisir Ancol pada tanggal 27 Desember 2022, tidak benar,” kata Isnawa.

Sebagai informasi, dalam video yang diunggah salah satu akun di media sosial menampilkan gelombang laut tengah meninggi. Terlihat pula air laut di Kawasan Ancol naik ke daratan.

Dalam tayangan video singkat itu dinarasikan bahwa kejadian itu di Ancol pada pukul 20.43 WIB. Terkini, video tersebut telah dihapus oleh sang pemilik akun.