Ilustrasi (Foto: ANTARA)

JAKARTA, Eranasional.com – Pemkot Jakarta Utara berencana membangun Taman Cincin di Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Taman itu dibangun di atas lahan seluas 9.952 meter persegi milik Pemprov DKI Jakarta.

Kepala Seksi Perencanaan Ruang dan Pertanahan Sudin Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan Jakarta Utara Yanuar Riyadi mengatakan, pembangunan awal dimulai pada Triwulan I tahun 2023. Sehingga, Taman Cincin ditargetkan akan rampung di tahun yang sama.

“Tahap awal pengerjaan proyek Taman Cincin berfokus pada pembangunan musholah dan sentra kuliner yang akan menggunakan dana dari Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta maupun Baznas Bazis Kota Administrasi Jakarta Utara,” kata Yanuar, Jumat (30/12/2022).

Soal pemberian nama Taman Cincin, ungkap Yanuar, terinspirasi dari identitas Waduk Cincin, serta lingkaran cincin yang melambangkan bentuk gelombang dan lokasi di daerah pesisir Jakarta Utara.

Tahap pengembangan berikutnya, lanjut Yanuar, akan menggunakan dana APBD dari setiap unit kerja perangkat daerah terkait sesuai indikasi program.

Sebagai informasi, Taman Cincin merupakan barrier kawasan antara perumahan yang bersifat pribadi dengan kawasan wisata di sekitar Waduk Cincin yang bersifat publik.

Lokasinya yang dekat dengan Jakarta International Stadiun (JIS), Waduk Cincin, dan Hutan Kota Waduk Sunter Utara membuat Taman Cincin berpotensi menjadi tempat rekreasi favorit warga Jakarta.

“Diharapkan nantinya Taman Cincin dapat menjadi” ruang ketiga” sebagai ruang bermain, edukasi, wisata, dan berkumpul bagi para komunitas maupun warga sekitar,” ucap Yanuar.

Ruang terbuka hijau (RTH) di taman seluas 2.880 meter persegi ini berupa plaza, green belt, seating area, dan playground anak.

Selain itu, terdapat fasilitas parkir kendaraan seluas 1.243 meter persegi dengan kapasitas parkir 4 minibus, 24 mobil, dan 50 sepeda motor.

Taman ini akan dilengkapi dengan musholah seluas 356 meter persegi, lapangan olahraga serbaguna, dan area kuliner untuk UMKM yang memuat 24 kios.