Foto: Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah

SEMARANG, eranasional.com – Sosok Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kini tengah dibanjiri kritik oleh publik terkait kinerjanya menangani banjir yang melanda Semarang.

Adapun Semarang sempat diguyur hujan deras hingga menyebabkan banjir pada Sabtu (31/12/2022) kemarin. Genangan air tak tampak surut hingga hari ini, Senin (2/1/2023) di wilayah Kota Semarang, Jawa Tengah.

Tak heran jika Ganjar menerima kritik tajam dari publik, sebab banjir tersebut mengakibatkan korban jiwa yang kini dilaporkan sejumlah tiga orang. Tiga orang tersebut tersetrum aliran listrik ketika banjir melanda.

“Dari keterangan saksi diketahui ada kabel terputus yang posisinya terendam di air,” ujar Kapolsek Genuk Kompol RIS Andrian melaporkan.

Politisi Demokrat beri sarkas menohok: Wisata air Semarang

Politisi Demokrat Cipta Panca sontak melayangkan kritik kepada Ganjar atas fenomena banjir bandang itu.

Panca melalui akun Twitternya membuat sarkas menohok nan lawak dengan menyebut Semarang kini bak sebuah wahana wisata air di Venesia, Italia.

Panca juga menyindir bahwa untung banjir tersebut tidak terjadi di Jakarta sehingga Ganjar aman dari kritik para pegiat media sosial seperti Denny Siregar.

Untung bukan di Jakarta. Kalau di Jakarta pasti @Dennysiregar dkk nggak berhenti ngecuit,” kata Panca.

Warganet lain juga turut mengamini cuitan Panca yang menyindir Ganjar aman dari kritikan warganet sebab ia bukan Anies.

Kalau sekarang Jakarta banjir dipastikan gerombolan @Dennysiregar7 auto mingkem soalnya bukan Anies,” cuit warganet lain.

Kan di Jakarta bukan Pak @aniesbaswedan lagi yang jabat. Jadi mau tidak mau harus diam itu makhluk,” timpal lainnya.

Rizal Ramli: Pangeran TikTok kemana saja?

Tak hanya Cipta Panca, ekonomi senior Rizal Ramli juga turut melayangkan kritik menohok kepada Ganjar.

Rizal menyindir Ganjar yang selama ini tidak pernah absen di sosial media namun kinerjanya tidak terlihat saat menangani banjir Semarang.

Pangeran Tik-Tok kemana aja? Padahal Mbak Mega sudah sejak 2 tahun yg lalu ingatkan potensi banjir Semarang @PDI_Perjuangan,” tulis Rizal Ramli dikutip di Twitter @RamliRizal pada Senin (2/1/2023).

Rizal juga menyindir Ganjar yang sempat memiliki misi untuk membuat Indonesia menjadi negara adidaya namun tak kuasa mengurus banjir.

Tong, gitu kok cuap-cuap akan jadikan Indonesia negara adidaya ? Emang situ ngerti dan bisa?” cuit Rizal.

Ganjar dituding sibuk nyapres

Kritik juga datang dari sosok seorang penulis dan editor karikatur Indonesia Sutan Mangara Harahap.

Sutan menyindir bahwa Ganjar kini sibuk nyapres sehingga tak menyempatkan diri untuk urus banjir Semarang.

Anies Baswedan gak becus ngurus masyarakatnya di Jawa Tengah. Sibuk kali dia copras capres. Rakyat kebanjiran dia entah kemana. Nih lihat salah satu video rakyatnya,” cuit Sutan.

Sutan juga turut menyematkan video banjir Semarang yang menggambarkan suasana riuh banjir di kawasan Mangkang, Senin (2/1/2023). **