Ketua Panwascam Pekalongan Utara sedang mengambil sumpah jabatan kepada panwaslu kelurahan. (Foto: ISTIMEWA)

PEKALONGAN, Eranasional.com – Sebanyak 27 panitia pengawas pemilu (panwaslu) tingkat kelurahan dilantik secara serentak oleh panwaslu kecamatan di wilayahnya masing-masing untuk persiapan Pemilu 2024, di Kota Pekalongan, Senin (6/2/2023).

“Hari ini, ada 27 orang anggota panwaslu kelurahan yang kami lantik dan ambil sumpah jabatan secara serentak se-Kota Pekalongan,” kata Ketua Bawaslu Kota Pekalongan, Sugiharto usai mengikuti pelantikan panwaslu se-Kecamatan Pekalongan Utara di Hotel Santika Pekalongan.

Sugiharto menjelaskan, 27 orang anggota panwaslu kelurahan tersebut terdiri dari 7 kelurahan untuk wilayah Kecamatan Pekalongan Barat.

“7 kelurahan untuk Pekalongan Timur, 6 kelurahan untuk Pekalongan Selatan dan 7 kelurahan untuk Pekalongan Utara. Dimana, masing-masing kelurahan 1 orang Panwaslu,” terangnya.

Dia mengatakan, panwaslu kelurahan ini juga akan dibekali sejumlah materi dalam rangka persiapan menjalankan tugas-tugas pengawasan pemilu di tingkat kelurahan hingga penyelesaian masa kerja 2 bulan setelah masa tahapan pemilu selesai.

“Untuk proses panwaslu kelurahan, kewenangan pengangkatannya ada di Panwascam yang dimulai dari pendaftaran, seleksi administrasi, seleksi wawancara, hingga terpilih 1 orang di masing-masing kelurahan,” ucapnya.

Foto: ISTIMEWA

Menurutnya, usai dilantik, para panwaslu kelurahan ini bisa langsung bertugas melakukan pengawasan pemilu per hari ini (6/2/2023) sejak SK pengangkatan diterbitkan.

“Mereka akan mengawasi tahapan pemilu yang saat ini tengah berlangsung, yakni pengawasan untuk verifikasi faktual dukungan bakal calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) peserta pemilu perorangan,” katanya.

Ia menambahkan, mereka juga akan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak di tingkat kelurahan, terutama Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk menyamakan persepsi kerja mereka dalam rangka melaksanakan pengawasan di tingkat kelurahan.

“Sehingga, di tingkat kelurahan antara PPS dan pengawas kelurahan tercipta komunikasi yang baik, dan dapat melakukan pencegahan-pencegahan pelanggaran pemilu terutama pelanggaran pidana pemilu,” ujarnya.

Ia berharap, untuk anggota panwaslu kelurahan yang baru dilantik supaya dapat melaksanakan tugas dan fungsinya sebaik mungkin dalam mengawal pelaksanaan pesta demokrasi 2024 mendatang. (em-aha)