Wakil Wali Kota Palangka Raya Umi Mustikah. (Foto: Dok Humas Palangka Raya)

PALANGKA RAYA, Eranasional.com – Wakil Wali Kota Palangka Raya, Hj Umi Mastikah menyebutkan bahwa salah satu cara dalam mengurangi angka pengangguran di Kota Cantik Palangka Raya yaitu dengan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) itu sendiri.

“Oleh sebab itu, maka perlu peningkatan kapasitas SDM itu sendiri, nah jika SDM itu sendiri sudah memadai maka para pencari kerja akan mudah dalam mencari kerja bahkan untuk membuka peluang usahanya sendiri,” terang Umi, Senin (20/2/2023).

Umi menyebutkan dalam meningkatkan SDM bagi para pencari kerja itu sendiri, berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah Kota Palangka Raya, seperti menggelar workshop,pendidikan, dan pelatihan.

“Seperti hari ini, Pemko Palangka Raya menggelar pelatihan berbasis kompetensi bagi para pekerja. Hal ini tentunya merupakan salah satu upaya Pemko dalam menurunkan tingkat pengangguran itu sendiri,” terang Umi.

Selain itu, dalam mengurangi angka pengangguran Umi juga berharap agar pihak swasta/perusahaan dapat bekerja sama dengan Pemko seperti melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) dengan memberdayakan masyarakat Kota Palangka Raya terutama bagi para pencari kerja.

“Misalkan mengadakan pendidikan dan pelatihan teknis serta membuka lowongan kerja bagi para pencari kerja. Dengan begitu para pencari kerja memiliki kompetensi, integritas serta daya saing sehingga akan mengurangi tingkat pengangguran di wilayah Kota Palangka Raya,” tutup Umi. **